Sabtu kemarin, saya ke sebuah Rumah Sakit, membawa anak saya, 3,5th yang dalam sebulan
ini kena beberapa bisul di kepala bagian depan, sekitar kening. Sebetulnya tidak ada
rencana ke Dokter (karena saya anggap 'sekedar bisul biasa'), tapi karena bisul
terakhir ini (dari beberapa bisul sebelumnya) agak besar dan sudah mulai pecah,
sedangkan kami tidak lagi berani menanganinya, akhirnya kami bawa ke Dokter.

Saat ketemu dokter, setelah ber-hai2, saya bilang bahwa anak saya kena bisul sambil
saya tunjukan letaknya. Setelah anak saya berbaring, Dokter meletakkan Stetoskop di
badan anak saya, lalu menulis Resep yang segera diberikan pada kami, tanpa memeriksa
dan meninformasikan keadaan anak kami.

Istri saya kemudian berinisiatif menanyakan beberapa hal yang dijawab dokter seadanya
(jauh lebih sederhana dibanding jawaban ibu2 di milis...).

Setelah itu saya membayar Sekitar Rp. 150.000, dengan Rp. 35.000 biaya 'KONSULTASI'.

Memang sih, kalau untuk mengobati anak2, 35.000 bukanlah hal yang boleh dirisaukan.
Tapi kalau sering seperti itu kesel juga.

Yang menjadi pertanyaan, adakah Standar Mutu Pelayanan Dokter? atau semacam etika
profesi?

Dani

Kirim email ke