On Mon, 15 Jul 2002 16:24:47 +0700
 "Novita Dewi S." <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Terimakasih sarannya Ibu Novita (sama ya namanya :-))
> Vitamin sih memang diberi Abdec, tapi saya ragu apa perlu
> diberi vitamin
> penambah nafsu makan.
Kalau hanya sekali dua kali sih ndak apa-apa, sebaiknya
pemberian
vitamin jangan dilakukan setiap kali anak ndak mau makan,
ini nanti
akan menjadi semacam doping.

> Soalnya makan bubur (milna bubur khusus penambah berat
> badan) doyan banget.
> Ini baru saya coba 3 hari.
teruskan bu, ada kalanya anak bosen, sehingga perlu menu
yang
berbeda-beda.
> Cuma ya itu minum susu formulanya susah banget.  Saya
> juga memerah ASI di
> kantor, tapi ya berapa banyak sih yang bisa didapat, kan
> beda dengan kalau
> menyusu langsung.
Saya di rumah sediakan 4 macam botol susu dari merk
berbeda, dan
biasanya anak mau ngedot setelah ganti botol, Saya
berpikiran bahwa
jangan sampai anak tergantung pada satu botol saja, karna
saya kerepotan
ketika ujung botolnya robek di gigit dan anak ndak mau susu
lagi
dengan botol baru.Barangkali rasanya beda. Tapi kalau dari
dini di
lakukan gonta-ganti botol maka anak akan terbiasa.
Satu hal lain mungkin masalah susunya, cobalah ganti susu
lain de
ngan kualitas yang sama, beli yang kecil aja, syukur-syukur
kalau
ada yang sachet.

> Kalau anak umur 4-5 bulanan minum susunya kurang tapi
> makan (bubur/biscuit)
> banyak, apa bisa tergantikan ya manfaat susu ? kan
> katanya susu adalah
> makanan utama anak sampai usia 1 tahun

wah yang ini saya kurang tahu. Mungkin saja benar pendapat
itu.
Prinsip saya adalah bahwa kalau anak ndak mau susu, tapi
masih
mau makan ya ndak masalah. Untuk menunjang komposisi gizi
yang
terkandung di dalam susu ya harus di ganti dengan jus buah,
atau
sayur. Jangan terlalu khawatir bu, ntar tambah stress.
Selama masih
bisa memberikan asi, sekalipun hanya dilakukan sebelum dan
setelah
kerja bersyukurlah dan mencoba bersabar.
> Mohon saran lagi
>
> Terimakasih
>
> -Vita-

Hosting menjadi lebih mudah dan murah dengan keringanan 50% biaya registrasi mail
hosting dan webhosting selama bulan Juli 2002. Klik http://idc.plasa.com untuk
pendaftaran