________________________________
Dari: nm kid <nmkid.fam...@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Rabu, 11 Maret, 2009 11:46:55
Topik: Re: [belajar-excel] Konversi ke Excel

Hai Mochi,

Mungkin itu bukan ekstensi umum yang ada di dunia, dan bisa jadi bukan ekstensi
file database. Jika itu file database, sepertinya ekstensi .dja tersebut buatan
developer program yang digunakan oleh kantor anda, yang bisa jadi hasil rename
dari ekstensi tertentu atau hasil create dengan algorithma database baru buatan
developer. Mestinya telah disertakan kemampuan untuk konversi ke program lain.

Kalau ingin tahu aplikasi apa yang digunakan oleh .dja, buka registry editor,
dan pada HKEY_CLASSES_ ROOT ada daftar ekstensi yang terdaftar pada komputer.
Ketika di klik, akan menunjukkan program asosiasinya. Jika tidak ada, maka
ekstensi itu tak terdaftar dan bagian IT mestinya tahu darimana asalnya.

Jika akan trial and error, coba ganti .dja dengan .xls lalu buka dengan excel.
Jika error, maka bukan file excel. Untuk coba access, ganti dengan .mdb, dan
buka dengan access.
Kalau terbiasa menggunakan odbc, bisa coba koneksi via odbc ke file tersebut,
dengan segala opsi yang bisa.

Kalau mau agak ruwet, buka dengan notepad (tapi kalau filenya kecil, supaya
tidak kelamaan bengong nungguin). Paling baik jika punya TextEditor dan
semacamnya. Dari sana bisa diketahui pada header filenya, yang biasanya penanda
type file. Misal, untuk access biasanya pada header ada tulisan Standard Jet
DB, maka file tersebut bisa di-access melalui odbc dengan library jet.

Jika sudah tahu file .dja itu dibuat dengan algoritma-nya siapa, maka bisa
dicari library untuk koneksi ke file tersebut, dan bisa dikonversi ke aplikasi
umum lainnya, seperti excel, access, mysql, oracle, dan lain-lain.

Kid