________________________________
Dari: nm kid <nmkid.fam...@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Kamis, 12 Maret, 2009 02:55:39
Topik: Re: Bls: [belajar-excel] Konversi ke Excel

Hello Mochi,

Jadi, jalan paling mudah adalah menanyakan ke program developer-nya, db-nya
bisa diakses dengan library apa.

Sambil menunggu jawaban dari developer-nya, bagaimana jika di-parse dengan VBA,
karena kebetulan data pada file tersebut tidak dienkripsi. File yang anda
lampirkan adalah t_unit.dja

Jika dilihat lebih dalam, menggunakan notepad, akan terdapat data yang
menunjukkan nama field dan data record. Nama field selalu ada pada
tabledef-nya. Artinya, pasti ada baris tabledef pada file tersebut, dan pasti
ada blok data records.

Karena notepad membaca file sebagai string, maka dengan tools text editor, apa
saja namanya, selama bisa menampilkan isi file dalam bilangan hexadesimal, maka
akan tampak bahwa batas antara tabledef dan blok records ada di suatu posisi
(offset) tertentu dari file. Dan juga, susunan tabledef-nya, yang akan
dijadikan acuan untuk membaca record.

Karena struktur sudah cukup tampak, maka dibuatlah VBA untuk parse data pada
file tersebut.
Karena ingin digunakan di Excel (milis-nya juga Excel), maka VBA diadaptasikan
ke Excel, meski algoritma utamanya base on VB. Dengan mengubah sedikit bagian,
maka bisa digunakan untuk file yang lain.

Saya lampirkan file VBA-nya.
Semoga tidak kebangetan kelirunya.
Kid

2