________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Sab, 13 Maret, 2010 09:37:56
Judul: Re: [belajar-excel] merapihkan data berdasarkan kota

Wa Alaikumsalam Wr. Wb.

Kira-kira, ini ide siapa ya, menyusun data kekanan sampai ribuan kolom (363
hari * lebih dari 10 kota dalam 1 baris) ?

Masih mendingan yang menyusun 363 baris x lebih dari 10 kolom kota.
Bagus lagi jika (363 hari * lebih dari 10 kota) baris dengan kolom-kolom : No,
Kode, Nama, Kota, Tanggal, Nilai

Ingin dibuat tabel :
Kota, tgl 1-1-2009,... .,31-12-2009

Formula bawaan untuk daftar nama kota :
=OFFSET($D$1, 0,(ROWS($ C$9:$C9)- 1)*363)

Ditanyakan :
Formula nilai per tanggal :
(1 tahun 363 hari loh di datanya cek saja sendiri alau gak percaya, gak tahu
tanggal berapa yang dihilangkan, revot carinya kalau gak di pivot)

Salah satu alternatif adalah array formula sebagai 1 array block sebaris 363
kolom.
(jiplak formula kota bawaan pak Maman)
=OFFSET($D$5: $NB$5,0,( ROWS($C$9: $C9)-1)*363)

ingat Pak :
Formula tersebut adalah 1 array block  1 baris x 363 kolom, artinya,
blok dulu range 1 baris x 363 kolom, baru tulis formulanya, tapi jangan tekan
enter

Selesai nulis formula, (tanpa menekan enter)
ingat lagi Pak :
Formula adalah sebuah array formula, maka tekan tombol CTRL SHIFT ENTER
berbarengan, seperti kalau menekan CTRL ALT DEL itu tuh.

Bapak sudah bisa membuat formula untuk kota, maka formula ini sama dengan
formula kota yang dibuat Bapak, hanya saja D1 diganti dengan D5:NB5, yaitu
range nilai milik kota pertama.

Oke Pak Maman ?
Cukup jelas ya kiranya...

Lain kali, buat sejak awal akan disusunnya data sebagai sebuah tabel normal
yang wajar (gak ilok kalo gak normal apalagi gak wajar, bikin yang ngelihat
jadi ikutan gak normal tapi masih wajar -- gak normal karena menggerutu, wajar
karena normalnya menggerutu -- )

Tabel normal yang wajar itu selalu disusun berorientasi baris, sehingga kolom
berisi bidang-bidang sejenis. Contohnya, Bidang kolom bernama Kota, dan bidang
kolom bernama Tanggal, dan bidang kolom bernama Nilai Transaksi.

Semoga kedepannya menjadi lebih baik, lebih normal, dan lebih wajar ya Pak.

Wassalam.
Kid.

2010/3/11 maman hermansyah <hermansyah_maman@ yahoo.com>

> [...]
>dalam lampiran itu saya ingin merapihkan susunan data berdasarkan kota...jadi
>nanti di dalam lampiran itu kotanya sudah terpecahkan tinggal memasukan data
>berdasarkan tanggal yang ada per kota itu...
>>
>jadi misalkan untuk kota:
>JAKARTA     488                         488      dst (periodenya dari tanggal
>1 januari 2009 sampai dengan 31 desember 2009)
>
> keterangan: angka 488 pertama itu nilai pada 1 januari 2009    ; 488 kedua
> adalah nilai pada 2 januari 2009 ; dst...
>
>atas tanggapan dari rekan2 milis saya ucapkan terima kasih...

 Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru
>Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
>br>
>Cepat sebelum diambil orang lain!

      Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!
http://id.mail.yahoo.com

Kirim email ke