1. Bagaimana efeknya jika saya hilangkan statement set objProject=Nothing
dan set AppPrj=Nothing?
Tidak ada dampaknya, bahkan untuk scope yang lebih luas dari prosedur
sekalipun, karena hanya 1 object yang ada.
Akan berdampak ketika membuat instansi baru dengan New pada scope yang lebih
luas dari prosedur.

Contoh :
Dim appPrj as msproject.application
set appprj=new msproject.application

maka jumlah memori akan membengkak setiap kali ada proses inisialisasi
berupa pembuatan instansi baru.
jadi untuk seperti contoh diatas, usahakan tidak lupa untuk melepas memori
yang telah usai digunakan dengan set = nothing
set appprj = nothing

2. Apasih sebenarnya fungsi set object = nothing?
Melepas memori yang digunakan oleh object tersebut. Jadi, si object tetap
exist tetapi isinya Null (nothing) karena tidak ada memori yang diblok
olehnya untuk digunakan.

Regards.
Kid.

2011/4/15 zainul ulum [yahoo] <zainul_u...@yahoo.com>

> Be-excelers,
>
> Saya sedang membuat program aplikasi dengan vba excel untuk update progress
> pekerjaan di Microsoft project.
>
> Karena program dibuat di excel, maka ada beberapa syntax yang akan
> meng-access object Microsoft project. Contohnya adalah sbb:
>

> Sub TestConnectMSProject()
>
>     Dim AppPrj As Object, objProject As Object
>
>     Set AppPrj = GetObject(, "MSProject.Application")
>
>     Set objProject = AppPrj.activeproject
>
>     Debug.Print objProject.Name
>
>     Set objProject = Nothing
>
>     Set AppPrj = Nothing

> [...]