boleh tanya dulu ya pak?
setelah saya baca isi posting dan membuka workbook lampiran,  saya belum
juga tahu
tiga hal ini :

1 *  Range yg pak mulki sebut sebagai  Tabel Country (yg didalamnya berisi
field ID dan
Country) itu meliputi range mana mohon di tegaskan.

2 *  Range di bawahnya yg disebut "TABEL LAIN"  itu meliputi range mana,
mohon disebutkan
alamat Range nya

3 * menurut apa yg saya baca di email maupun didalam lampiran belum ada
PERTANYAAN
ataupun HAL YANG DIINGINKAN   ( tetapi SUDAH MINTA pencerahan ?)..

Apabila *Pertanyaan *dan *Hal yg Diinginkan* = SUDAH ADA, Saya belum tentu
termasuk orang
yg berkompetensi untuk memberi pencerahan;
tetapi jika pertanyaan pun belum ada;  bagaimana para pihak yg berkompeten
akan memberi
pencerahannya ?

Saya coba baca ulang ISI Email pak Mulki
*kalimat 1* = salam
*kalimat 2* = mohon pencerahan dan mohon maaf jika pertanyaan serupa sudah
ada
*kalimat 3* dan 4 = kabar bahwa punya 2 tabel (tetapi tidak dijelaskan batas
batasnya)
*kalimat 5* = komentar bahwa ini hal mudah bagi b-xl tetapi bermanfaat bagi
pak mulki
 + mohon pencerahan lagi

dari 5 kalimat tidak pernah ada pemaparan kasusnya mapun pertanyaannya

Mungkin bagi orang lain, bisa menangkap maksud email tsb; tetapi bagi saya
(yg lagi berlajar
ikut menjawab (walaupun asal jawab), tidak bisa menjawab; bukan karena
problemnya tetapi
pertanyaannya pun belum ada..

Mohon pak mulki memberi pencerahan kepada member yg ingin menanggapi...

catatan:
data di  sheet kolom B dan C mulai baris 9 ke bawah  ada spasi di depan
setiap data.
data lain terkesan masih dibiarkan apa adanya sejelex-jelaxnya..
ini menimbulkan kesan bahwa si pengolah data tidak sayang data..

Kirim email ke