Sintaks fungsi OFFSET
*
*OFFSET(reference, rows, cols, height, width)*
Offset bertujuan merujuk sebuah Range yg letak dan dimensinya
terukur dengan 4 parameter, diukur dari Cell Referensinya

*=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*

penjelasannya:

si *SUM *mau menjumlah data di *sebuah RANGE* *yang*:

*1.*
jika dilhat dari B6 (cell referensi),  range itu Pojok KiriAtas-nya ...

*2. *
berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg sama (jika sama boleh tidak
dituliskan)

*3.*
berjarak (horisontal)  1 kolom

*4.*
setinggi  1 BARIS

*5*
selebar  C9  KOLOM  (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)

Dengan demikian rumus tsb juga boleh ditulis (menggeser Cell Referensinya ke
kanan)
*=SUM(OFFSET($C$6,0,0,1,C9))*

Keempat Argument (argument no. 2 s/d no.5 *boleh tidak dituliskan *(tetapi
tetap memberi tempat
dengan tetap menuliskan tanda pemisah argumentnya), jika ternyata nilainya
sama dengan
keadaan cell referensinya. !!

*
*