Ysh Pak Tri,
*
*salah tulisnya * *bukan di rumusnya,* tetapi *di penjelasannya*
(kata "jika dilihat" diturunkan statusnya menjadi berlaku untuk satu point
bukan untuk semua point seperti sebelumnya)

mengenai perbedaan cel referensi B6 dan C6 tetap benar, asal diikuti oleh
nilai Argument ke2 yg sesuai.
Kedua contoh rumus yg diajukan hasilnya sama

*=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*
*=SUM( OFFSET($C$6,0,0,1,C9) )*
*
*