 To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hapsari.stlizb...@gmail.com
Date: Thu, 29 Sep 2011 04:30:15 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Update Tabel dari sheet lain...

      Fungsi JOIN telah dimodifikasi (lihat module), agar dapat menampung tabel
2 dimensi) 3 kolomKemudian Fungsi tsb dimanfaatkan untuk mengUpdate tabel data
dengan prosedur Sub.

Sudah dicoba sepertinya berhasil, hanya saja  listing vba-code nya jadi
kepanjangan...

Sub UpdateTable()
   ' Haps // 28 sept 2011   '---------------------
   Dim DatRng As Range, NewRng As Range, ArNew, r As Long

   ' init: Tabel Data (tanpa headernya)

   Set DatRng = Sheets("Data").Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)   Set DatRng
= DatRng.Resize(DatRng.Rows.Count - 1, DatRng.Columns.Count)

      ' init: Tabel pengUpdate (tanpa header)

   Set NewRng = Sheets("Update").Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)   Set
NewRng = NewRng.Resize(NewRng.Rows.Count - 1, NewRng.Columns.Count)

      ' -- membuat Array (3 kolom * n Baris) dibantu fungsi JOIN

   ArNew = JOIN(DatRng, NewRng)
      ' -- hapus isi tabel data

   DatRng.ClearContents
   ' -- tabel data (yg baru dikosongkan) diupdate dgn data dari Array

   For r = 1 To UBound(ArNew, 2)      DatRng(r, 1) = ArNew(1, r)

      DatRng(r, 2) = ArNew(2, r)      DatRng(r, 3) = ArNew(3, r)

   Next r
   DatRng.Parent.Activate   MsgBox "Selesai", vbInformation, ThisWorkbook.Name

End Sub

cmiiww