Mumpung masih belum tutup.
Mari dilihat-lihat lagi, ada berapa kemungkinan susunan data dari mas Zain
ini :

Yang diupdate hanyalah kolom ke-3 artinya kolom ke-3 adalah property
dan kolom ke-1 dan ke-2 bisa jadi adalah key

Ternyata disana ada kolom ID yang umumnya dalam kasus seperti ini masih
mungkin untuk unique. Biasanya jarang ada data transaksi yang nilai property
di update tidak berdasar ID.

Pada kasus kolom ke-1 (ID) ternyata tidak unique, maka biasanya kolom ke-2
termasuk key (ada 2 kolom key), karena mas Zain sepertinya memastikan bahwa
data updater uniqque record.

Scenario lainnya adalah data updater tidak unique record
Metode find, koleksi, script dictionary, dan remove duplicate tidak akan
berlaku. Justru autofilter data lama hapus semua yang ada di updater lalu
copas semua data updater malah bisa.

Jadi karena ada banyak kemungkinan, biar mas Zain jelaskan dulu yang mana
keynya, harus unique record atau tidak. Ya kan...

Jika key hanya kolom ke-2 saja, maka konsekuensinya kolom1 harus ikut
diupdate karena kolom3 diupdate.
Ketika ada data dari mas Zain yang 1 C nilai updater lalu update hasil
adalah 3 C nilai updater, memerlukan penjelasan khusus kenapa dan mengapa.

mingguan.

;)

Regards.
Kid.

2011/9/28 zainul ulum <<yahoo>> <zainul_u...@yahoo.com>

> **
>

> Be-exceler,
> Misalnya saya mempunyai table di [sheet 1] dan [Sheet 2].
> Table di [sheet 1] akan diupdate berdasarkan record dari [Sheet 2].
>
> Bagaimanakah codenya (macro) agar record di [sheet 1] bisa terupdate
> berdasarkan perubahan di [Sheet 2]?
>
> Terimakasih,
> -zainul-

Kirim email ke