Dear Pak Sudarsono,
Aturannya setiap tanggal ada 2 bagian.

1)      Bagian pertama adalah MM, kedua ZZ.

No 1 adalah item MM, no 2 adalah ZZ.

Bagitulah seterusnya  No 3 MM, No 4, ZZ.

Aturan Posting Key (PK)

Debet

Kredit

Customer Account

25

31

Ledger Account

40

50

2) Penentu Debet atau Kredit, contoh tanggal 18.

Nilai Totalnya 140,273.45 akan jadi debit dan memakai  PK 25

Nilai kreditnya jumlah yang membentuk Nilai Total (2850.00 + 5294.00 +
132,129.45) dan memakai PK 31.

*Artinya debet Total Customer Account, kredit  item item dalam customer
account*.

Sekiranya hanya ada Nilai Total sahaja seperti tgl 19,

*Debit Total, dan Kredit Total*

3) Bagian kedua bagi setiap tanggal ialah ZZ tujuannya untuk posting ke
Ledger Account.

Debet Nilai Total Customer Account, Credit Ledger Account.(Nilai yang sama
dgn Nilai Total).

4) Sekiranya ada transaksi withdrawal seperti pada tgl 20.

Debet Nilai Total 2718.00, PK 25.

Debit Nilai Withdrawal � 500.00  PK 25

Kredit Nilai Deposit yang lain  2430.00 dan 788.00

*Artinya  2718.00 adalah 2430.00 + 788.00 � 500.00.*

Semoga semakin jelas.

Terima kasih atas response bapak.
-Mansor