________________________________
 Dari: o' Seno <ontosen...@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 12 Desember 2011 12:09
Judul: Re: [belajar-excel] Rekap Nilai PG dan Rekap Analisis Butir Soal

wa'alaikusalam wr wb

barangkali seperti ini yg dimaksudkan ?
1
=SUM(SUMIF(F4:F13,1)*10, COUNTIF(F4:F13,0)*-2, F14:F15)

bisa juga dengan array formula
=SUM((F4:F13=1)*10, (F4:F13=0)*-2, F14:F15)

2
Ini adalah pekerjaan memfilter data di kolom Kelas pada salah satu kolom Nama
Murid
Kriteria filternya = 0
hasil filter yg diperlihatkan adalah Kolom D (Kompetensi Dasar)
Kalo blegitu... berarti ini akan dapat diselesaikan dengan FILTER dengan FORMULA
yg suda sering di tayang ulang-kan di Milis BeExcel (mapun milis toko sebelah)..

Agar mudah dipahami, kita buat formula / kolom BANTU
Kolom Bantu itu ditugasi hanya untuk menampilkan Nomor (index baris) Data
ditampilkan hanya yang Nilai = 0
array formula ditulis di 12 barias sekaligus N4:N15
=SMALL(IF(OFFSET($E$4:$E$15,0,MATCH(O$3,$F$3:$I$3,0))=0,ROW($1:$12)),ROW($1:$12))

b.
Berdasarkan hasil a, kita dapat mengindex data Kompetensi
Formula biasa ditlis cell demi cell mulai cell O4
=IF(ISERR(N4),"",INDEX($D$4:$D$15,N4))

Sebentar lagi akan ada teman memberikan formula tanpa kolom bantu dengan IFERROR
(biasanya pak  ghozi)...