Sama-sama Pak Hadi,

Maaf, ada yang kelupaan.
Patut diwaspadai bahwa range yang dihilangkan centang locked-nya
(alias di-unlocked),
akan bisa di-edit oleh user meskipun status worksheetnya dalam keadaan
terproteksi.

Jadi, user masih bisa mengubah hasil formula.

Jika ingin siapapun tidak bisa mengubah apapun, tetapi yang bisa di-select
tetap hanya area range tertentu, coba langkah berikut :
(asumsi : sheet DO untuk range *B2:i14*) [terapkan untuk sheet rekening
dengan menyesuaikan *range rujukannya*]
0. aktifkan sheet DO
1. Unprotect sheet (pastikan sheet tidak dalam keadaan terproteksi)
2. select seluruh cells (klik kotak di atas angka baris Excel 1 dan di kiri
huruf kolom Excel A)
3. klik kanan sebuah cell (misal klik kanan D5) -> Format cells -> tab
Protection -> ubah Locked jadi keadaan tercentang -> OK
4. ke VBE (tekan ALT  F11) -> double click sheet bernama DO -> buat prosedur
event selection change berikut :
    If Intersect(Target, Range("b2:i14")) Is Nothing Then
        Range("b2").Activate
    End If
End Sub

5. kembali ke worksheet (tekan ALT  F11)
6. proteksi sheet : ribbon Review -> group Changes -> protect sheet
     -> centang Select Locked Cells
     -> centang Select *Un*locked Cells
     -> tekan OK

7. Save workbook dan pastikan ekstensinya .xlsm atau .xlsb atau .xls.
Jika ekstensinya masih .xlsx, proses save dengan save as (tekan ALT  F
  A)dan ganti
save as type dengan .xlsm atau .xlsb atau .xls

8. Lakukan proses 0 sampai 7 untuk sheet lainnya dengan menyesuaikan bagian
yang di-*merah*

Kirim email ke