hehehe...

Pak Odhy ndak membaca secara detil semua arahannya.

Pakai file Bapak yang dulu (bukan lampiran terakhir hari ini).

Cell C25 *array formula* : -> artinya ::
          tulis formula di C25,* jangan tekan Enter *tapi tekan tekan *3
tombol CTRL   SHIFT    ENTER*

=IFERROR(INT((C$24-SUM(C$24:C24*VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROW(C$2:C2),0)))/VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROWS(C$2:C4),0)),0)

*copy ke kanan : -> Copy ke D25,E25,dst kekanan sana
dan bawah : -> setelah selesai copy kekanan, hasil copyan (dari C25 sampai
ZZ25) di copy ke baris berikutnya ke C26:ZZ26, C27:ZZ27, dst sampai barinya
Pack di baris 28
*
*
Karena baris 29 akan diberi array formula :
*
*Cell C29 array formula :
=SUM(C25:C28*VLOOKUP(C23,$K$4:*$P$12,ROW($3:$6),0))
copy ke kanan : -> copy ke D29,E29,dst

Jadi pada lampiran Bapak yang terakhir, di C7 harus dibuat jadi array
formula. (ops lupa, bagaimana tadi caranya buat array formula ya ?)
oh iya, :
1. Tulis formulanya di sebuah cell
2. jangan tekan ENTER
3. tapi tekan 3 tombol bersamaan, yaitu tombol   CTRL    SHIFT   ENTER

Setelah itu di copy ke kolom lain. Lalu, semua formula yang sudah jadi di
baris 7, di copy ke baris berikut sampai baris PACK.

Nanti dibaris Hasil baru pasang array formula seperti yang untuk C29 di
atas (jangan lupa, Array Formula). Kemudian copy ke kolom lain di baris
hasil itu.

Selesai deh...

*

*