From: Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 30, 2012 1:03 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula konversi

hehehe...

Pak Odhy ndak membaca secara detil semua arahannya.

Pakai file Bapak yang dulu (bukan lampiran terakhir hari ini).

Cell C25 array formula : -> artinya ::
          tulis formula di C25,jangan tekan Enter tapi tekan tekan 3 tombol
CTRL   SHIFT    ENTER

=IFERROR(INT((C$24-SUM(C$24:C24*VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROW(C$2:C2),0)))/VLOOKUP(C$23,$K$4:$P$12,ROWS(C$2:C4),0)),0)

copy ke kanan : -> Copy ke D25,E25,dst kekanan sana
dan bawah : -> setelah selesai copy kekanan, hasil copyan (dari C25 sampai
ZZ25) di copy ke baris berikutnya ke C26:ZZ26, C27:ZZ27, dst sampai barinya
Pack di baris 28

Karena baris 29 akan diberi array formula :
Cell C29 array formula :
=SUM(C25:C28*VLOOKUP(C23,$K$4:$P$12,ROW($3:$6),0))
copy ke kanan : -> copy ke D29,E29,dstJadi pada lampiran Bapak yang terakhir,
di C7 harus dibuat jadi array formula. (ops lupa, bagaimana tadi caranya buat
array formula ya ?)oh iya, :1. Tulis formulanya di sebuah cell2. jangan tekan
ENTER3. tapi tekan 3 tombol bersamaan, yaitu tombol   CTRL    SHIFT
ENTERSetelah itu di copy ke kolom lain. Lalu, semua formula yang sudah jadi di
baris 7, di copy ke baris berikut sampai baris PACK.Nanti dibaris Hasil baru
pasang array formula seperti yang untuk C29 di atas (jangan lupa, Array
Formula). Kemudian copy ke kolom lain di baris hasil itu.Selesai
deh...Wassalam,Kid.