Hai Tio,

Bagaimana jika tidak menggunakan For each Next ?
Kira-kira bunyinya :
    Dim sMsg As String

    If Evaluate("=countif(b2:e2,""*Kelas*"")") = 0 Then
        sMsg = "- Tidak ada kolom bernama Kelas" & vbCrLf
    End If
    If Evaluate("=countif(b2:e2,""*Keterangan*"")") = 0 Then
        sMsg = sMsg & "- Tidak ada kolom bernama Keterangan" & vbCrLf
    End If
    If LenB(sMsg) <> 0 Then
        MsgBox "Data kurang tepat karena :" & vbCrLf & sMsg, vbExclamation
    Else
        MsgBox "Data valid.", vbInformation
    End If

Jika tetap ingin pakai For Each Next, bisa disusun dengan banyak cara dan
salah satunya adalah :
    Dim rng As Range
    Dim vKolom As Variant
    Dim bNotFound As Boolean
    Dim sMsg As String

    sMsg = vbNullString
    For Each vKolom In Array("Kelas", "Keterangan")
        bNotFound = True
        For Each rng In Range("b2:e2")
            If InStr(LCase$(rng.Value), LCase$(vKolom)) <> 0 Then
                bNotFound = False
                Exit For
            End If
        Next rng
        If bNotFound Then
            sMsg = sMsg & "- Tidak ada kolom bernama " & vKolom & vbCrLf
        End If
    Next vKolom
    If LenB(sMsg) <> 0 Then
        MsgBox "Data tidak valid karena :" & vbCrLf & sMsg, vbExclamation
    Else
        MsgBox "Data valid.", vbInformation
    End If

Selain kedua cara diatas, masih ada banyak cara lain, seperti penggunaan
methods find maupun worksheet function countif.
Memanfaatkan cell bantu berformula juga bisa.

<<image/gif>>

Kirim email ke