________________________________
 Dari: Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 15 Februari 2013 22:39
Judul: Re: [belajar-excel] Rekap data quesioner

Hai Winda,

eee.... gimana ya...
moga-moga ada BeExceller yang bisa bantu ya.

kalau boleh usul, file data tiap pesertanya seperti file terlampir mulai kolom
J jika tetap ingin menggunakan object control.
1. Penggunaan object ActiveX Option Button memungkinkan membentuk grup object
per nomor berisi option button YA dan option button TIDAK, sehingga hanya bisa
diisi salah satu saja, yaitu YA saja atau TIDAK saja. Object control Checkbox
memang bagus tampilannya yang berupa checked, tetapi membutuhkan VBA untuk
mengatur salah satu saja yang dipilih.
2. Pemberian nama object yang memiliki pola dan dapat membedakan antara object
YA dan TIDAK untuk berbagai nomor, akan memudahkan proses loop jika dibutuhkan.
3. Penggunaan kolom bantu yang dapat sekaligus membentuk suatu data kontinyu
sebagai sebuah area berisi data yang siap di-compile. Sehingga loop setiap file
peserta dapat dilakukan dengan relatif lebih cepat dengan mengurangi proses
terhadap setiap file yang dibuka.
4. Seluruh file peserta diletakkan dalam sebuah folder dan data pada sheet
dengan nama tetap atau pada indeks sheet dalam sheet tab yang tetap juga setiap
filenya. Hal ini akan memudahkan loop buka setiap file peserta. Contoh VBA
untuk membuka workbook lain juga telah tersebar di milis.

Dengan susunan file peserta seperti di atas, maka area data yang selalu diambil
adalah sebuah area (currentregion) mulai cell P5 (kolom P pada item quiz
pertama). Bisa jadi proses buka file -> salin area mulai P5 ke compile -> tutup
file membutuhkan sekitar 5 detik bahkan mungkin kurang.

Andai usulan di atas kurang sesuai atau tidak memungkinkan untuk diterapkan,
maka diperlukan loop setiap object yang YA saja. Bisa jadi proses terhadap
setiap peserta akan memakan waktu karena dibutuhkan loop setiap object yang ada
(andai ada 20 item nomor, masing-masing ada 2 object, total baca 40 object dan
untuk yang diproses adalah 10 objectnya saja). Andai ada 100 koresponden, maka
proses buka file -> baca -> susun data -> salin ke compile -> tutup file bisa
memakan waktu. Andai setiap file sampai 15 detik, maka dibutuhkan 25 menit unuk
100 koresponden.

Mungkin ada usulan lain dari rekan BeExceller, yang lebih mudah dan lebih
simple untuk diterapkan.