hehehe... ribet ya.

Untuk membuat lembar soal quiz nya memang ribet karena harus setting
control option button.
Untuk meng-compila, hanya kolom P (kolom dengan formula) saja yang diambil.
Kolom yang berisi nomor soal, bunyi soal, kolom berisi control apapun atau
shape apapun, keterangan apapun di kolom apapun selain kolom P tidak perlu
digubris. Ketika soalnya digeser, bisa jadi kolom P nya tetap atau juga
ikut digeser tergantung selera dimana akan meletakkan formula dalam kolom P
tersebut.
Jadi, copy kolom P setiap file peserta, dan paste special values ke file
compile di kolom peserta ke-sekian (kolom baru dikanan kolom peserta
terkanan yang sudah ada di file compile).

Biasanya input (dalam hal ini untuk kasus user diluar lembaga - seperti
koresponden atau anggota) diusahakan tanpa VBA dan dibuat sejelas mungkin
yang hanya bisa menampilkan hasil pilihan si user. Jika akan menggunakan
cara pilih YA atau TIDAK dengan mengubah warna, maka diperlukan VBA. Jika
menggunakan checkbox maka akan memungkinkan dipilih keduanya. Jika
menggunakan option control, agak sedikit ribet dalam membuat lembar
quesioner nya. Fitur Data Validation bisa juga digunakan.

Apapun bentuk interface kepada user, data utama yang disimpan dalam file
yang berasal dari user adalah nilai-nilai pilihan user tanpa mempedulikan
object apapun yang ada dilembar interface.

Ketika susunan hasil compile cenderung tidak berkaidah database seperti
file compile tersebut, maka cukup data seperti di kolom P (file tempo lalu)
yang diambil.
Ketika susunan hasil compile ingin dibentuk sebagai sebuah database yang
baik, maka perlu penyusunan kolom P yang lebih berkaidah database dan bisa
jadi akan menjadi setidaknya 3 kolom yang harus di-copy, yaitu kolom yang
berisi nomor koresponden, id soal quiz, nilai pilihan koresponden. Seluruh
record (setiap nomor quiz) disusun rapat (meskipun secara interface dibuat
indah dengan berbagai jarak dan layout peletakan).
Ketiga kolom ini akan di salin ke 3 kolom tetap di file compile pada baris
baru agar menghasilkan tabel vertikal berisi 3 kolom dan buanyak baris.

Jadi, pada file untuk disebar ke koresponden sudah berisi 2 hal pokok,
yaitu :
1. Layout interface yang cantik dan mudah dipahami serta enak untuk diisi
koresponden
2. tabel data hasil inputan koresponden

Yang disalin ke file compile :
1. tabel data hasil inputan koresponden