From: "Mr. Kid" <mr.nm...@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 27 May 2013 17:01:44
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: Re: [belajar-excel] (unknown)

Oke.

Daftar nama langsung diletakkan di kolom B saja (mulai B6). Jadi combobox
merujuk pada daftar nama di kolom B ini.
misal :
1. object worksheet tujuan adalah sheet1 [bukan nama sheet di tab sheet,
tapi di VBE frame Project Explorer]
2. combo nama bernama Combobox1, combo lokasi bernama combobox2, textbox
nilai bernama textbox1

Copas prosedur berikut ke lembar script userform :
private sub Simpan()
     dim rng as range    'anchor
     set rng=sheet1.range("c6")

     'validasi input
     if combobox1.listindex<0 then
           exit sub
     elseif combobox2.listindex<0 then
           exit sub
     elseif lenb(textbox1.text)=0 then
           exit sub
     endif

     'tulis nilai ke worksheet
     rng.offset( combobox1.listindex , combobox2.listindex ).value =
textbox1.text

     'pesan
     msgbox "Done.",vbinformation,"Simpan"

end sub

kemudian di setiap event change milik combobox1,combobox2, dan textbox1
diberi perintah untuk memanggil prosedur Simpan di atas tadi dengan
menuliskan :
Simpan

Kirim email ke