Fungsi replace dari library Excel alias yang bisa dipakai dalam cell, jika
akan digunakan dalam VBA harus menggunakan worksheetfunction.
Jika fungsi replace dari VB/VBA nya sendiri, dalam VBA bisa dipakai secara
langsung. Jadi fungsi replace dari VBA akan setara dengan fungsi MsgBox
atau Dir atau Mid, dst.
Penggunaan karakter $ dibelakang nama fungsi adalah untuk memanggil nama
fungsi tersebut. Fungsi yang namanya memiliki karakter $ adalah fungsi yang
membutuhkan input berupa string atau menghasilkan output berupa string.
Contoh fungsi Mid dan Mid$. VBA memiliki kedua fungsi tersebut. Yang lebih
dikenal adalah fungsi Mid daripada fungsi Mid$. Jika ditulis Mid( akan
tampak bahwa beberapa variabel seperti string dan Mid (nama fungsi) tidak
memiliki typedata yang jelas, maka pastilah akan ber-datatype variant.
Sedang pada Mid$( akan tampak bahwa variabel string memiliki datatype
string dan mid$ (nama fungsi) akan menghasilkan datatype string. Pengerjaan
fungsi yang memiliki kejelasan tipedata (baik input atau output) akan lebih
cepat dibanding yang variant.

Kadang kala, saking latahnya pake fungsi string (ada $) maka beberapa
fungsi yang memang bawaan orok sudah diset bertype string seperti replace,
tidak digunakan. Malah lebih memilih yang ada $ seperti replace$. Jadi
masalah $ ini adalah pilihan ketika ingin benar-benar pasti bahwa data
input maupun output harus disimpan sebagai string tanpa perlu memikirkan
lagi fungsi tersebut sudah bawaan oroknya string atau bukan.

Kirim email ke