Terima kasih Mr. Kid.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile"Mr. Kid" <mr.nm...@gmail.com> wrote:Hai Pak Hendrik,

Fungsi Date biasanya dimiliki oleh library VBA (Visual Basic for Applications)
-> coba lihat di references di VBE
Untungnya, library ini by default selalu sudah dipasangkan oleh Excel VBA agar
ter-load disetiap VBProject (alias sudah dicentangken oleh Excel VBA, jadi ndak
perlu repot harus centangin sendiri)

Library seperti Microsoft Office Object Library selalu mengikuti versinya. Bisa
jadi, si references ini ndak sesuai dengan office yang sedang aktif.
Apalagi kalau ada library dalam References yang berstatus MISSING.

Pada beberapa library Microsoft Office Object Library (mungkin yang office
2010), ada fungsi Date didalamnya, sehingga si Excel VBA akan galau karena ada
2 fungsi yang sama namanya ber-scope sama-sama public. Jadi, muncullah si error.

Supaya ndak error, maka pilih salah satu fungsi, seperti memilih dari library
VBA dengan cara VBA.Date
Biasanya fungsi Now hanya dimiliki oleh library VBA. Fungsi Now yang dimiliki
oleh library Excel.exe biasanya ber-scope public terpilih mengikuti object
bernama worksheetfunction. Jadi fungsi Now relatif tidak menimbulkan error.

Kalau diversi Excel 2010 saya ndak tahu, dimana saja si fungsi Now itu berada.
Jika ternyata dalam library Office nya juga ada, maka bisa ganda dan
menimbulkan error.

Gitu kali ya... setidaknya mendekatinya demikianlah... saya ndak tahu persisnya
bagaimana