To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: mr.nm...@gmail.com
Date: Fri, 11 Apr 2014 13:37:21 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] insert baris sesuai target.

Prinsip prosesnya :
1. pada kolom C, mulai record pertama (setelah header) sampai baris terakhir
data di kolom C dipilih cell yang berisi konstanta bertipe text

2. lakukan insert entire row

Langkah-langkah pengerjaan manualnya sebagai berikut : (langkah-langkah bisa
di-record macro)
1.blok seluruh kolom C
2. tekan CTRL G -> klik Special -> pilih Constant -> hilangkan semua centang
kecuali pada opsi TEXT -> tekan OK

3. klik kanan sebuah cell yang terblok -> pilih Insert -> pilih Entire Row ->
tekan OK
4. [optional] jika ngotot baris header gak boleh ikut ter-insert, blok baris 3
Excel -> klik kanan yang terblok -> pilih Delete

Jika langkah tersebut diikuti dengan seksama sembari mengaktifkan Record Macro,
maka akan terbentuk prosedur sub hasil record macro dalam VBProject di sebuah
general module.

Dear Mr Kid,
Proses manual dari macro insert baris sesuai target adalah macro berjalan mulai
dari cell A1, apabila cell A1 ada karakter "x" maka baris tsb akan diinsert
baris, kemudian turun 2 baris dan bila ketemu tanda "x" diinsert row lagi, bila
tidak ada tanda "x" maka turun 1 baris saja, terus berulang sampai selesai.

dengan kata lain, macro akan dieksekusi jika ketemu tanda "x" begitu
seterusnya. cuman saya gak tahu juga bagaimana memberhentikan macro tsb kalau
sudah tidak ada lagi target yang dimaksudkan, selain dengan memencet tombol
pause/break.

terlampir file dimaksud, terdiri dari sheet sumber dan sheet hasil yang
diinginkan.
terimakasih.

ASL