Dear pak Ahmad dan ibu Upie,

kalo menurut Putri, yang harus diperbaiki adalah alur prosesnya.. pertama
harus selalu di awali dengan jurnal, jurnal di dalam akuntansi ibarat
pondasi suatu bangunan.. jika proses ini dilewati maka tahap berikutnya
akan sulit dikerjakan.

Putri ambil contoh transaksi tanggal 5 tentang pembayaran pembelian barang,
asumsi barang yang dibeli adalah barang dagangan,
ada 2 jenis transaksi yang mungkin terjadi, yaitu pembelian dilakukan
secara kredit atau secara tunai yang pasti jurnalnya akan berbeda, dari
mana Excel tau bahwa harus dibuat jurnal pembayaran hutang karena pembelian
kredit atau jurnal pembayaran karena pembelian tunai?

Dalam contoh yang sama, ada 2 jenis metode yang bisa digunakan yaitu metode
fisik dan perpectual yang masing-masing jurnalnya akan berbeda, jadi dari 1
contoh transaksi tersebut ada 4 kemungkinan jurnal yang bisa dibuat..
Bagaimana caranya memberitahu Excel bahwa jurnalnya harus dicatat
menggunakan metode ini untuk pembayaran pembelian jenis yang ini.

Kadang user selalu ingin selalu mengambil jalan pintas agar pekerjaan
mereka lebih cepat selesai di awal, tetapi akibat dari pemilihan jalan
pintas itu yang tidak pernah diperhitungkan.

Inti dari cerita Putri di atas adalah siklus akuntansi harus selalu
dijalankan.. Semoga bisa menjadi bahan renungan :)

Rgds,

Putri

Pada 25 April 2014 08.56, Ahmad Syaifullah Lubis
<syaiful...@hotmail.com>menulis:

> Dear Dwi,
> kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan
> bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku
> besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang
> didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
> ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang
> macronya.
>
> salam,
> ASL.

> From: upie...@yahoo.com
> [...]