Dear Mr Kid dan Mas Toby

 Penjelasan Mr Kid  yang sangat detil sudah saya mengerti. Super sekali
pencerahannya

 Mohon izin untuk memberikan contoh kasus yang sama dengan ilustrasi yang
pertama kali saya jabarkan

 Di attachment, saya lampirkan dua contoh workbook bernama "Query_All.xlsx" dan
"Project_Area.xlsx"

 Isi dari workbook "Project_Area.xlsx" : ------------> workbook data source

 1. sheet : Project_Year
 2. sheet : Project_Region
 3. sheet : Project_Province
 4. sheet : Project_City

 Isi dari workbook "Query_All' :

 1. Worksheet Pivot : 'Area'

 2. Query :

 Sesuai dengan pencerahan dari Mr Kid, maka akan terjadi situasi :

 - Jika "Query_All' ini dibuka di komputer Mr Kid, maka list Query nya tidak
akan bisa refresh, karena sumber data nya ada di komputer saya dengan path :

 c:\users\lenovo\dropbox\project_area.xlsx

 - Jika sumber data nya ada di komputer Mr Kid, list Query tetap tidak akan
bisa refresh, karena file "Query_All' path nya adalah (misal) :

 c:\users\mrkid\dropbox\project_area.xlsx

 Kesimpulannya :

 1. File data source yg di share di Dropbox : 'Project_Area.xlsx
 Tetap akan update di komputer Mr Kid ketika saya melakukan proses edit,
delete,insert dll, karena kemampuan Dropbox untuk melakukan sinkronisasi data.

 2. File query di komputer Mr Kid : 'Query_All
 Tidak akan bisa melakukan refresh karena perbedaan nama path file.

 Pemikiran Awam saya

 1. Mungkinkah jika path saya dan path Mr Kid disamakan, maka proses Refresh
akan terjadi ?
 Misalnya, nama komputer Mr Kid diganti menjadi "lenovo"
 Maka, path file yang ada di folder Dropbox Mr Kid menjadi sama dengan saya,
yaitu :     c:\users\lenovo\dropbox\project_area.xlsx

 2. Jika komputer Mr Kid dan Mas Toby hanya bisa update file data source
(Project_Area) maka untuk file 'Query_All" harus saya setting lagi di masing2
komputer Mr Kid dan Mas Toby (hanya contoh ya...kalau setting gitu doang, Mr
Kid dan Mas Toby sambil merem jg bisa...hehehe)

 3. Mungkinkah file data source dan query itu ditempatkan di external server,
sehingga proses query nya langsung ke ip address server ybs.

 4. Jika pemikiran awam saya itu ternyata memang ngaco dan tidak bisa diterima
secara keilmuan koneksi data, maka solusi apakah yang bisa dilakukan agar
tujuan awal dapat dilakukan, yaitu :

 koordinasi beberapa file users untuk konsumsi manajemen :

 File dinamis User 1,2,3, dst -----------> query data oleh User X
-------------------> report untuk manajemen

 Terima kasih atas pencerahan dari teman teman

 --- Mods ---
File lampiran dengan ukuran lebih dari 250KB dilepas dari email. Pengirim
dipersilakan untuk mengirim ulang file lampiran yang totalnya maksimal 250KB
(sesuai peraturan milis, yaitu berupa contoh data dan bukan data kerja yang
bisa jadi rahasia) dengan cara me-reply email ini.

 On Friday, February 13, 2015 8:52 PM, "'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com