hmmm...
setelah dibuka filenya, ternyata cukup banyak yang perlu dibenahi. Antara
lain berikut ini :
1. Formula yang pakai Indirect harus diganti supaya tidak pakai Indirect,
Offset, Now, Today, Rand, RandBetween
    karena fungsi-fungsi itu bersifat volatile, yaitu akan dikalkulasi
ulang jika ada perubahan di dalam applikasi.
    Jadi, jika mengubah isi sebuah cells entah di sheet manapun yang tidak
berhubungan dengan sheet berformula sekalipun, formula akan dikalkulasi
ulang.
    Penggunaan fungsi yang bersifat volatile dalam banyak cells seperti itu
sama saja dengan mencari masalah karena excel pasti akan kerja keras
berulang-ulang mengkalkulasi

2. Hindari formula merujuk ke cells sumber data yang hanya berisi formula
tetapi tidak ada datanya,
    walaupun alasannya untuk berjaga-jaga kalau datanya kelak enatah abad
berapa sampai ke baris tersebut.
    Pokoke (ini dah pakai ajian pokok e loh, jarang-jarang ajian ini
dipakai untuk menyarankan sesuatu) gak boleh merujuk cells selain yang ada
datanya saja

3. Sumber data, buang semua baris yang berisi formula tapi belum ada
datanya. Nambahin beban Excel saja... Buang barisnya...
    Manfaatkan fitur Excel Table supaya formula otomatis diisi oleh si
Excel table kalau ada baris data baru yang ditambahkan.

4. Satukan 2 kolom terkanan di sumber data supaya menadi bagian dari tabel
sumber data. Gak ada gunanya dipisah seperti itu. Tambah bagus juga nggak,
tambah bikin excel ruwet sih iya...

5. Buat sheet referensi, lalu pindahkan semua data yang ada di kanan tabel
output ke sheet baru tersebut, dan letakkan sheet di sisi kiri tab sheet.
    Kalau tidak mau, maka pindahkan data yang dikanan tabel output itu ke
sebelah kiri tabel output.
    Tujuannya supaya Excel mengkalkulasi dengan urutan yang benar, yaitu
dari sisi kiri atas cells dalam sheet ke arah bawah lalu kanan sampai
paling kanan bawah sheet.
    Kalau data yang dibutuhkan kalkulasi ada di sisi kanan, berarti Excel
akan membuat daftar tunggu sampai ketemu data yang dibutuhkan dulu, baru
kembali ke urutan awal untuk dikalkulasi.
    Kalau Anda bukan tipe penyabar terutama dalam menunggu kerja Excel yang
dibebani semau user demikian, sebaiknya hindari peletakan data di sisi
kanan.

6. Cells Styles (lihat di menu HOME grup menu Styles) yang tidak dipakai
sebaiknya dihapus.
    Kalau menggunakan banyak styles, sebisa mungkin untuk dicari
kesepakatan agar memilih beberapa styles saja
    Biasanya, built in styles sudah mencukupi kalau memang tidak perlu
kinclong banget tampilannya.

7. Conditional Formatting dipangkas. Toh pola dataset outputnya juga jelas.
Jadi conditional formatting di dataset output pertama bisa digunakan di
dataset lainnya (dibawahnya)
    Pelajari tentang penggunaan lambang $ dalam formula, lalu terapkan
dalam conditional formatting (ini materi paling dasar kalau di training
Excel. Level pengenalan Excel [belum basic])

Sepertinya setelah mencoba hal di atas baru bisa dianalisa lebih detil
bagian yang membebani Excel.
Kalau keadaannya seperti saat ini, tidak bisa dianalisa alur proses yang
efisien akan seperti apa.
Keadaan seperti yang ada saat ini, mau diotomasi pakai VBA paling expert
sekalipun juga efeknya gak akan banyak. Lha wong user juga harus klik
tombol sesuatu untuk menjalankan VBA nya
alias tidak otomatis juga.
Kalau sama-sama user haru klik sesuatu, daripada pakai VBA yang
kecepatannya jauh lebih lemot dibanding PowerQuery, mending pakai
powerwuery sajah...
Boleh percaya boleh tidak... (trus mo percaya sama sapa kalo tentang Excel
ya ? embuh lah)

Sila dicoba dulu ya...
Kalau ada yang membingungkan, posting lagi saja ke milis.
Kalau langkah di atas sudah dilakukan, susunan data dan formulanya akan
lebih sederhana dan lebih enak diolah.
moga-moga nanti banyak BeExceller yang semangat untuk membantu karena juga
ingin ikut maju pemahaman tentang Excel-nya.
wkwkwkwk... soalnya, kayaknya dah banyak member yang sudah kapok dari punya
sumber data dan cara olah yang seperti ini...
jadi kalau sudah diubah dikit-dikit, nanti bisa banyak saran dan contoh
dari member tentang bentuk data dan bentuk olahan yang lebih enak berdasar
pengalaman masing-masing...
pokok e, kalau tentang ngolah data yang ruwet mbulet bikin cenat cenut,
saya kalah pengalaman dengan kebanyakan BeExceller...
hahahahaha....

;)

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid