Salaam......

  Kadang kala ketika merenung, saya seringkali bertanya kepada diri sendiri.
Bagaimana selama ini saya meng-alokasikan waktu saya, yang sehari cuma 24 jam
saja.

  Saya coba menghitung alokasi waktu saya sendiri, di setiap hari pada umumnya:

  * 8 jam...buat kerja produktif
  * 4 jam...buat refreshing / jalan-jalan / cari ide baru
  * 4 jam...buat istirahat / tidur
  * 4 jam...buat komunikasi keluarga sendiri
  * 4 jam...buat membina business relationship
di dalam kelompok waktu buat refreshing / jalan-jalan / cari ide baru, yang
totalnya 4 jam...

  Kadangkala, saya bisa menghabiskan waktu di depan komputer untuk browsing
internet sampai 8 jam, bahkan bisa lebih dari itu. Oleh karena itu, waktunya
sudah mulai menyedot dan mengurangi "peruntukkan" waktu buat hal lainnya...

  Mungkin hal ini juga bisa terjadi pada rekan-rekan member lainnya. Membuang
waktu hanya untuk berinternet ria, yang awalnya karena ingin aktif di beberapa
mailing list...dan akhirnya menjadi kebiasaan buang-buang waktu aja...

  Tetapi harap dibedakan dengan mereka yang bisnisnya justru harus lewat
internet, itu lain soal. Kalau mereka yang begini ini, yaa memang harus lebih
sering berada di dalam dunia maya, ya nggak?

  Nah, soal buang-buang waktu dengan aktif di berbagai mailing list, kira-kira
bermanfaat nggak ya? Yaa jawabnya, TERGANTUNG. Tergantung apanya? Yaa
tergantung niatnya. Kalau saya berniat untuk refreshing / cari ide, maka ini
ada manfaatnya dengan buang waktu untuk berinternet ria. Meskipun waktunya
seringkali juga menyedot waktu lainnya.

  Bahkan sering juga saya berinternet sehari 20 jam, dan cuma pakai 4 jam untuk
istirahat / tidur. Tapi ada hasilnya, saya jadi bertambah lagi bisnis yang saya
geluti, serta ada tambahan relasi baru, karena ada kesamaan visi bisnis.

  Nah, jika begini hasilnya, maka buang waktu masuk ke beberapa mailing list
ada manfaatnya juga. Tetapi hal yang seperti ini sungguh sangat jarang terjadi.
Biasanya kita bergabung di mailing list, memang hanya sekedar untuk buang-buang
waktu saja. Lebih sering untuk mengembangkan bakat
"narcist"...hehehe...termasuk saya. Sebagian besar mungkin karena ingin
refreshing aja, daripada bengong nggak ada yang dikerjakan.

  Meskipun ada seperti yang saya alami, tetapi jarang sekali terjadi kerjasama
bisnis lewat jalinan mailing list ini. Paling banter, saya bisa melihat gaya,
sepak terjang para membernya, berdasarkan "posting-posting" nya di mailing
list, yang biasanya bombastis banget. Kadangkala tidak sesuai kenyataan diri
member bersangkutan. Baru kalau membernya punya blog / website, saya bisa jadi
lebih tahu sosoknya....meskipun juga belum bisa sepenuhnya menggambarkan sosok
pribadinya.

  Nah, menurut anda ikut gabung di mailing list itu buat apa? Kalau saya memang
cuma untuk buang-buang waktu aja...syukur-syukur ada manfaat di dalamnya. Kalau
nggak ada manfaatnya? Yaa tetap saja saya MASIH BISA MENGAMBIL INTISARI dari
membaca "posting-posting" para member. Sejelek-jelek nya sebuah "posting" dari
member di mailing list, saya tetap YAKIN PASTI MASIH BISA DIAMBIL MANFAATNYA,
meskipun dikit, yang penting ada manfaatnya.

  Jadi, lumayanlah meskipun cuma buang-buang waktu ikut mailing list,
setidaknya masih ada yang bisa diambil hikmahnya dari posting para member ini.
Paling tidak, saya bisa belajar menjadi lebih baik, walaupun membaca posting
yang nggak mutu seperti posting sebagian besar member, termasuk posting yang
anda baca ini...hehehe...

  Nah, bagi anda, para member yang nggak tahu caranya untuk mengambil manfaat
dari ikut mailing list, maka BUAT APA IKUT MAILING LIST? CUMA BUANG-BUANG WAKTU
AJA... Benar nggak ya? Hwekekekek...

  Salaam,
  Wuryanano
  http://wuryanano.com/
  http://wuryanano.wordpress.com/

  WURYANANO
http://wuryanano.com/
  http://wuryanano.wordpress.com/
  Entrepreneur & National Bestselling Author of:
1. The Touch of Super Mind
2. Super Mind for Successful Life
3. The 21 Principles to Build and Develop Fighting Spirit
  PENERBIT: ELEX MEDIA KOMPUTINDO (Kelompok Gramedia)
  Founder & Moderator SuperMindPower
  http://groups.yahoo.com/group/SuperMindPower/join

Get easy, one-click access to your favorites.  Make Yahoo! your homepage.

Kirim email ke