From: "Anita Yuniar" <anitayuniar...@jica.go.jp>
Sender: Bisnis_Center@yahoogroups.com
Date: Tue, 18 May 2010 10:42:29
To: <Bisnis_Center@yahoogroups.com>
Subject: Re:Mohon feasibility nya RE: BC @ Re: Investasi Kos-kosan di bawah 100j

Dear temen2..
Saya juga sementara ini punya usaha rumah petak sebanyak 4 pintu, di daerah
kalimalang, belakang pasar sumber arta, Bintara, Bekasi Barat.
Dan, saya punya rencana untuk menambah lagi secara bertahap, minimal  2 pintu
dulu, gitu...

saya sudah mengajukan pinjaman kredit ke bank, dikasih hanya Rp.70 juta, karena
pertimbangan, rumah yang diagunkan oleh saya, rumah KPR BTN yang berlokasi di
Cibarusah,Cikarang, dan juga lihat kemampuan dari gaji saya kali ya? jadi cuma
dihargai segitu.
Dan dari Rp.70 juta tsb, saya harus tutup utang lama saya yg di BTN jg,
kira-kira 11 juta ditambah biaya2 lain, kira-kira jadi 15 juta, hasil sisa nya
adalah Rp.55 juta.

Sementara ini saya masih pending untuk akad kredit nya,  harusnya akad kredit
minggu lalu, tapi saya sudah tanya ke tukang/mandor, perkiraan biaya bangunan
adalah Rp.1 jt/M2, dan untuk satu rumah petak itu, total nya 3x10 = 30 meter =
30 juta, jadi butuh minimal Rp.60 juta untu bangun 2 petak rumah.

Yang saya masih bingung/bimbang yaitu, BEP nya bakalan 10 th yang akan datang,
dan cicilan Rp.1 juta/bulan selama 10 tahun. Menurut pikiran saya, berarti saya
harus bayar sebesar Rp.120 juta sampai 10 th yang akan datang, dan rumah petak
nya juga seperti nya harus byk yg harus diperbaiki, pasti kan, udah pada rusak
lah ya.. 10 th ke depan nya.. jangan kan 10 th, 5 th aja , pasti ada aja yg
harus diperbaiki.

Nah. pertimbangan saya utk pending kredit tsb ya itu tadi, kok BEP nya 10 th
lagi, dan kapan saya bisa menikmati hasil nya, masa' harus nunggu 10 th lagi,
baru ada untungnya?
Pasti nya kan masih ada peluang bisnis/usaha lain yang modalnya juga tidak
terlalu besar dan kembali modal nya juga tidak selama itu.

Kira-kira, ada yg bisa kasih tanggapan mengenai masalah/pemikiran saya, atau
pandangan2 terhadap usaha rumah petak yg saya lakukan.
Terima kasih banyak, Sukses untuk semua.

Rgds,

****Anita Yuniar******
www.n4fcollection.multiply.com
Jasa Jahit Seragam