all..., saya juga mau sharing menggunakan BB di luar negeri...., khususnya mengenai "Wi-fi connection"...
Januari 2010.... saya dan keluarga ke Singapore... istri menggunakan provider Matrix dgn BB tipe Jevelyn... ternyata di Singapore BISA menggunakan Wifi dengan cara: - mematikan "Mobile Network", lalu... - menyalakan "Wi-Fi" masalahnya.... - setiap mau ber-BB-ria.... harus searching Wifi-nya dulu... karena hampir setiap building memiliki Wifi network yang berbeda2 jaringan... - ketika ber-BB-ria... jangan pindah tempat/jaringan network... jadi stop dulu, sambil makan atau ngopi sambil ber-BB-ria. Juli 2010 kemaren... saya dan keluarga ke Singapore... saya menggunakan provider Telkomsel dgn BB tipe Onyx... istri, sama seperti di atas (Matrix dan Jevelyn) karena sudah niat ber-BB-ria dengan murah... ketika di Jakarta, saya test Onyx di rumah.... ternyata BISA ber-BB-ria menggunakan Wifi..., dgn cara; - mematikan "Mobile Network", lalu... - menyalakan "Wi-Fi" sebelum pergi (masih di Jakarta)... saya coba menggunakan kartu SingTel dan BISA ber-BB-ria.... baik menggunakan "Mobile Network" maupun "Wi-FI"... ketika mendarat di Singapore, masih di airport, saya nyalakan BB menggunakan SingTel... ternyata TIDAK BISA ber-BB-ria... ... telp dan sms, BISA... tapi... ... BB-ria, TIDAK BISA... baik dengan "Mobile Network" maupun "Wifi"... akhirnya, masih di airport Singapore, saya beli kartu telp StarHub... langsung dipasangin dan langsung ON, jadi langsung bisa ber-BB-ria, browsing, telp dan sms-an... FYI, StarHub ada ... paket Sin$10 tuk 3 hari unlimited BB-ria dan browsing, tapi ngak bisa tuk telp dan sms... ... atau... paket Sin$15 tuk 3 hari unlimited BB-ria dan browsing, dan bisa telp dan sms... TANYA: - ada yang mengerti ngak, apa beda dan manfaat dari "AT&T", "Mobile" dsb.dsb.. yg tertera di hp BB (Onyx)..? demikian pengalaman saya, dan semoga bermanfaat. salam, BUDI Rachmat Follow ME: - Twitter @ http://twitter.com/budi_rachmat - FB @ http://facebook.com/BudiRachmat.WSaK $$$: http://bit.ly/cQdZdT .... Total Transparency ========================== BB di Malaysia dan Thailand (was: Onyx yang memble dan kena dikerjai Posted by: "M. Gunadi Henoch" [email protected] Sat Jul 3, 2010 7:55 am (PDT) Mumpung ngomongin BB, saya share ya pengalaman saya dengan 2 operator di Malaysia dan Thailand. Di KL saya pasang kartu Celcom di salah satu kedai di Sungei Wang Plaza. Bayar 60 ringgit dah termasuk install dan pulsa pra-bayar. Malamnya saya top up lagi 15 ringgit untuk 4 hari. Entah sisa berapa pulsanya. Benernya bisa sih beli kartu perdana Celcom lalu install sendiri, cuma sampai dgn berangkat tak sempat googling how to-nya. Dengan Celcom proses reg makan waktu sekitar 2-3 jam kemudian, ditandai dgn logo GPRS (saya pakai Javelin). Semua ok. Email ok, chat ok, BBM ok, cuma satu yg bermasalah: gak bisa browsing internet. Entah paket apa yang dia masukkan sampai gak bisa browsing. Terpaksa mengandalkan twitter untuk mengetahui dunia luar. Proses unreg makan waktu lebih cepat. Unreg dilakukan sementara menunggu boarding ke Bangkok. Kurang dari setengah jam sudah resmi unreg. Di Bangkok banyak orang menyarankan 1-2 Call dari AIS. Tapi karena pedagang menjual kartu perdananya 100 baht, tidak termasuk pula tambahan, saya memilih dtac yang harganya 450 baht untuk sebulan. Saya beli di Lotus supermarket di sisi stasiun On Nut, Bangkok. Proses regnya termasuk sangat cepat. Tidak sampai satu jam kemudian saya sudah bisa melakukan semua aktivitas, termasuk browsing. Waktu keluar lagi dari Thailand, saya tak bisa menemukan kode unreg dtec. Sembari berjalan ke ruang boarding, bahkan sampai ke atas pesawat pun tak bisa menemukan kode unreg. Terpaksalah pasrah. Eh, sesampainya di Malaysia, saya pasang Celcom saya kembali jam 1 pagi dan langsung reg ke 28882, jam 3 pagi sudah bisa dipakai. Saat pergi dari Malaysia unreg makan waktu lama sekali. Notifikasi sudah diberikan tapi status masih tetap GPRS sampai saat boarding. Agaknya baru beberapa jam kemudian unreg sukses karena waktu saya pasang kartu Matrix kesayangan saya di Jakarta, reg gagal dilakukan sampai 2 jam kemudian. Kesimpulan: kalau cuma seminggu-dua minggu mending tetap pasang kartu operator Indonesia, lalu set off when roaming, andalkan wi-fi yang bertebaran di mana-mana. Di BB musti ubah preferensi wi-fi only. Kecuali BB freak atau musti selalu connected via email. Tidak semua paket BB di negeri lain bisa mengadopsi paket unlimited yang diterapkan di dalam negeri. Gunadi "I didn't fight my way to the top of the food chain to be a vegetarian." [Non-text portions of this message have been removed]

