Saya sudah memantau thread ini dari awal dikirimnya, tapi selalu tidak
ada kesempatan untuk ngomong panjang lebar..

Seperti yang Ntan pernah bilang, ide ini sudah lama dibahas di MEETING
SERIUS pada bulan April (atau Mei??) 2007. Ide saya untuk bikin
pengumpulan buku-buku bekas untuk disumbangkan, trus Aan memberi ide
untuk mengajar atau menjadi "kakak asuh" bagi mereka yang tidak
beruntung.

Pada saat MEETING SERIUS (entah yg keberapa kalinya) itu hadir pula
Nanie, Ntan, saya, Mus, Anhie, Ally, dan Aan. Oh iya, saya ingat mi!
MEETING SERIUSnya itu setelah acara Seminar Blog di Politeknik
Negeri!!

Memang ide yang bagus, tapi sekarang pertanyaannya adalah...
1. Siapa yang mau betul-betul komitmen terjun untuk program ini secara 100%?
2. Siapa yang mau jadi koordinator program ini?
3. Siapa yang bisa dipegang untuk menjalankan program ini tanpa putus
di tengah jalan?

Sebab kita semua tahu, di luar dari kegiatan dan aktivitas kita di
komunitas ini, kita semua mempunyai AKTIVITAS UTAMA dalam kehidupan
masing-masing. Dan mau tidak mau komunitas memang menjadi aktivitas
sampingan. Selama ini kita memang masih menyisihkan waktu untuk turut
memikirkan hal-hal seperti ini.
Saya sendiri sebagai ketua AM pun, masih punya tanggungjawab utama,
yaitu menyelesaikan kuliah, sehingga tidak bisa benar-benar 100%.

Tetapi program ini merupakan program di mana kita harus serius dan
TOTAL memberikan pikiran dan tenaga. Kalau MEMANG ADA yang bisa bantu
koordinasi dan bertanggungjawab akan program ini secara penuh, KENAPA
TIDAK kita laksanakan?
Saya pada dasarnya selalu mendukung usulan yang dilemparkan ke milis ini kok :)
Hanya saja, saya selalu mencari.. SIAPA YANG BISA BANTU KOORDINIR
usulan-usulan yang selalu sangat menarik ini.
*jadi ingat tentang usulan FUTSAL, tapi kok susah ya untuk diwujudkan :(

Sebenarnya untuk menyumbangkan sesuatu.. tanpa harus secara
besar-besaran pun kita sudah menyumbangkan sesuatu bagi orang lain.
Sebagai blogger, kita menyumbangkan ide dan pikiran kita melalui blog
kita masing-masing, yang saya yakini akan memberi berkah bagi mereka
yang membacanya. Dan hal ini sudah sangat bermanfaat bagi sesama.
Kalau belum bisa bikin yang besar-besaran, kita mulai saja lah secara
sederhana, yaitu mulai dari diri kita masing-masing..

Kemudian tentang tujuan komunitas ini seperti yang dipertanyakan oleh
Soeltra. Tujuan komunitas ini, jelas untuk mengumpulkan blogger2 yang
berasal dari daerah Sulawesi Selatan hingga yang hanya mempunyai
hubungan batin dengan daerah Sulawesi Selatan (khususnya Makassar).
Dan kalau menilik yang telah komunitas ini lakukan, sebenarnya sudah
cukup sosial juga kok.. Walaupun sederhana ji kodong. Memang kegiatan
sosial yang dilakukan tidak seperti kegiatan sosial pada umumnya,
karena kita tetap berpatokan pada komunitas. Komunitas blogger. Jadi
ilmu yang kita punya sebagai blogger, itu yang kita bagikan.
Misalnya:
- Membantu secara sukarela memberi ilmu pada saat pelatihan blog. Ndak
dibayar itu eh.. Syukur2 kalau ada yg bayar, kalau tidak juga tidak
apa-apa, yang penting ilmunya bisa transfer ke orang lain yang
membutuhkan. Pelatihan blog baik yang terpublikasi maupun yang tidak
terpublikasi.
- Acara BLOG FOR LIFE, seminar blog for free.. Di sini sebenarnya
adalah kerja sosial di mana kita berbagi ilmu secara gratis bagi
mereka yang ingin mengetahui tentang IT dan Blog. Peserta sama sekali
tidak dipungut bayaran. Malahan mereka mendapatkan CD Tutorial GRATIS
tentang bagaimana membuat BLOG.
- Anjangsana ke Panti Asuhan kemarin, saya kira point itu udah jelas :D
- Di acara pesta blogger 2007 ini, komunitas kita kembali MENYUMBANG.
Apa yang disumbang? Memang sederhana.., bukan duit..tetapi cuma CD
Tutorial Blog sebanyak 500 keping CD. Tapi CD itu berguna untuk
membantu orang bikin blog, dalam artian.. bagi-bagi ilmu juga secara
gratis :)

Jadi tidak perlu berkecil hati menganggap komunitas ini tidak pernah
menyumbang bagi mereka yang membutuhkan, mungkin hanya belum waktunya
saja. Kalau ditemukan mi yang bisa KOORDINASI secara total dan punya
KOMITMEN serta KONSISTENSI, saya yakin program idaman temanG-temanG
sekalian bisa dilaksanakan :)

Saya kira segitu mi dulu deh..
*pusing di antara deadline yang menumpuk :((

Jakarta Hujan dan Saya Kembali ke Makassar
http://www.i-rara.com/2007/10/21/jakarta-hujan-dan-saya-kembali-ke-makassar/

On Store, 'Teen World : Ortu Kenapa Sih?' - Juni 2006, Penerbit Cinta
http://preview-teenworld.blogspot.com/