On 10/26/07, Mohammad Mustamar Natsir <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> tentang trotoar dan jalur pejalan kaki yang bagus, menurut saya adalah yang :
> 1. aman
> 2. mudah dan dapat digunakan siapa saja
> 3. nyaman
> ----
> nah, sekarang kita lihat trotoar yang ada di Makassar.
> 1. cukup aman, kah?
> mungkin cukup aman dari sambaran lalu lintas kendaraan, tapi lubang-lubanya
> itu loch! bisa bikin keseleo.
> 2. mudah dan memudahkan, kah?
> oke, mungkin mudah dipakainya, tapi mungkin hanya kalangan manusia normal
> yang bisa memakainya.
> [...]

yang saya maksud indah itu menurut saya sudah masuk kriteria 3 yg kita sebut..
tapi tidak semua trotoar saya sebut indah, yg saya sebut indah itu yg
baru-baru ini saya lihat dibuat.. yg ijo-merah itu .. yg sepanjang
jalan slt. hasanuddin, atau yg depannya gubernuran.. apakah trotoar2
itu tidak aman, mudah dan nyaman?

utk poin 2 saya pada takaran tertentu juga setuju, tapi kalo soal
aksesabilitas (accessability) memang indonesia sangat lemah, jangankan
trotoar, pintu atau jalan masuk ke mall atau tempat umum masih belum
mengakomodasi, atau tempat parkir deh.. soalnya itu yang lebih
dibutuhkan dan urgen bagi kawan2 penyandang cacat.. jarang ji mereka
yang mau jalan2 di trotoar siang-siang tanpa ditemani orang lain..

*poof*
john

--
http://john.chendra.net