Tiza,

Saya sependapat dengan Rusle', saribattangku yang cerdas di Borneo sana.

Saya adalah seseorang yang lahir di Makassar berasal dari rahim ibu berdarah
asli Gorontalo
hasil "kerjasama yang baik" dengan ayah saya yang juga berdarah asli
Gorontalo.
Namun saya sangat mencintai tempat dimana saya 37 tahun silam melengkingkan
tangis pertama, dimana
saya berinteraksi hampir lebih dari separuh umur saya sekarang, dimana saya
dirangkul sebagai
sesama keluarga dan bukan sebagai "orang luar" dari Makassar.

Dan disini, dikomunitas AM--meski secara virtual--saya kembali menemukan
gelak tawa lepas saat masih kanak-kanak dulu, candaan khas (juga ikhlas)
yang kerap
begitu mentertawakan kebodohan sendiri, serta sapaan akrab yg mungkin jarang
saya temukan lagi
ketika berinteraksi di ibukota (kecuali kalo mendadak ketemu Daeng Marowa
atau Nawir di Haji Mamink Dg Tata sambil makan Tata Ribs', ditraktir
lagi..hehehe).
Sebuah bentuk pelampiasan kerinduan yang tak biasa, beda, sekaligus selalu
melecut perasaan ingin kembali dan pulang. Tampaknya inipun yang sudah
membuat Rusle, kembali ke haribaan AM setelah unsubs beberapa waktu silam.

Jadi, Tiza, jika kamu menginginkan apa alasan yang bisa saya berikan untuk
menahanmu untuk pergi, saya hanya ingin berkata bahwa komunitas ini telah
begitu menawarkan berbagai hal untuk beraktualisasi diri.
Termasuk buat saya, anak Makassar berdarah Gorontalo. Tentu lebih-lebih buat
Tiza, gadis asal Bogor yang sudah melewatkan 2 tahun masa terindahnya di
Makassar . Komunitas ini--seperti kata Rusle-- membuat kita bisa menjadi apa
saja, tanpa merasa malu dan takut dimarahin.

Bisa jadi unsur ini kamu temukan dikomunitas yang lain, tapi, Tiza, sungguh
mati, AM punya perbedaan yg sangat signifikan. Dan saya yakin bakal tetap
kamu rindukan meski kamu pergi jauh ke planet Pluto sekalipun (eh..ngomong2
itu Planet masih ada kan', Prof?).

Jadi Tiza, please don't go, just stay with us...
(apalagi saya mau ke Makassar Sabtu ini, masa' sampai tidak ketemu
Tiza?..hehehe)

wassalam,
ATG
--yg jadi kangen pisang epe'--