Irha, manis.....

Itu memang kritik, Ly sedang mengkritik blogger lewat milist panyingkul...bukan
lewat AM, kita bisa gerah garing tapi sebagian dari kita juga bisa (jadi)
"sadar" utk lebih valid, teratur, rapi, sopan... Maksud Ruslee juga baik karena
dia pasti bermaksud membagi hal2 positif. That's all...

Rekan semua,

Di satu sisi juga, sy kira Irha sangat benar, secara personal Irha sudah
menunjukkan sebuah argumentasi yg sangat gentle, sy salut cess! Artinya apa?
Irha telah punya sikap atas "idealisme" menurut versinya sendiri. Ini modal
awal. Silakan diteruskan...Komentar Irha dan kawan2 lain, sangat bagus betapa
pentingnya melihat situasi dan motivasi pada saat kita ngeblog.

Sy cerita lain ttg kenapa sy ngeblog:

"Sy kenal blog pertama dari kawan namanya Agung Prasetio, pekerja LSM Bina
Swadaya, waktu itu kami bertiga lagi makan malam di Lhokseumawe, kira2 July 07,
sm seorang wanita pekerja pada project HIVOS Belanda, namanya Dewi Nova,
orangnya kritis dengan mata sayu yg menohok jiwa dan raga (huhhuyy)...singkat
cerita si Agung bilang gene, bro...kalo mau liat sosok dan pemikirannya ke
blognya aja di Multiply...sy tidak tanya langsung blog dia, sy cuman search di
MP, ketik namanya, dapat dahhh...tentunya liat foto dan mata penandanya !

Sy pun buat blog MP, yg pertama seingat saya July...saat itu juga. Motivasi
saya kalo mau jujur hanya mau tau sosok orang, pemikirannya, dst...sy selalu ke
blognya membaca diarinya selama di Aceh, bahkan samapai puisi2 orgasme, sajak
senggama "maaf", sajak kalaleang menurut versi dia, tapi lama kelamaan sy
menjadi tidak terlalu suka, kenapa? Sy tidak suka ketika ada fotonya yg angkat
kaki, ngerokok...dia memang pemikir dan sangat pro-gender equity...cukup saya
bilang !

Tentang Panyingkul,......"Mindahin berita di MP ke Panyingkul"

........Sejak tahun lalu, sy sudah ditawari di Panyingkul, tp sy ogah. Sy malah
lebih dahulu gabung di AM alasannya sy mau mengenal kawan2 senasib, senasib
untuk berbagi cerita, seperti apa warna Makassar dan pernaik pernik diri kita.
Ini saja. Ini, bergeser dari pemuasan diri dan pemuasan kawan2 atau sodara jauh
yang mungkin mau tahu kabar keluarganya di rantau. Waktu terus menuntut kita
untuk efektif, artinya (personally) sejak sy mengunjungi 11 kab/kota di
NAD-Nias, sy tidak hanya berfoto, ngobrol dgn orang dan pulang tidur. Ternyata
ada sisi2 lain yg layak di gali, mengabarkan "kerinduan" ke seseorang atau
kawan dengan bahasa yang mudah dicerna dan dia pahami. Saya membayangkan
bagaimana mengabarkan misalnya, jejak orang Gowa di pulau Simeulue, Aceh dengan
bahasa standard. Sebab sy sadar tidak mungkin sy hanya mengabarkan lewat blog
dengan mengajak satu satu, pasti ada media yg lebih dikenal atau efektif selain
blog saya, karenanya sy mesti berpikir gimana punya "standard", untuk tayang di
Panyingkul atau media apapun yg punya visi bersama. Standard yang sy maksud ini
adalah pakem menulis dari membaca sumber, membaca lingkungan, dll, serta
menulis atau katakanlah "penulisan" yg mesti dipelajari.

Dear All,

Tapi, sekali lagi ini sangat subyektif, kita tetap punya garis batas sendiri
tapi ingat jangan pernah bermimpi jadi "sosialis atau peduli sesama kalo ego"
dan standard pribadi kita yg selalu mesti unggul...yg sy mau bilang, selera
pribadi itu pasti punya standard normatif juga yg biasanya mengacu ke nilai2
umum....

Kesimpulan saya, tentang komentar Ly itu, tidak semuanya bisa ditelan bulat
bulat, dan, komentar Irha, persis sama pengalaman pertama saya ngeblog, lalu
saya beranjak ke stage berikutnya, setelah melihat adanya peluang untuk
mengembangkan potensi yg ada, minimal bisa bagi2 pengalaman kalo lagi
jalan-jalan...supaya kawan2 tahu pasti dong sy punya bahasa yg "satu", alur yg
jelas dan tentu saja dapat bermanfaat.

* Irha, sy lagi bayangkan BB-ku, semoga tagihan bulan ini gak membengkak,
sering dipake mattelpong kesiang...

Komunitas Blogger Makassar
http://www.angingmammiri.org/

<*> Your email settings: