Maaf sebelumnya, perkenankan saya memperkanalkan diri terlebih dahulu, karena
ini adalah posting saya yang pertama di milist blogger_makassar.

Nama saya Muhlis, To Wajo yang lahir di Pare-pare. Sekarang jadi passompe'.
Saya tergelitik untuk ikut sumbang pendapat tentang milist yang berbobot atau
tidak, sehubungan dengan email dari Andi Emil.

Memang berbobot atau tidaknya sesuatu sangat tergantung subyektifitas penilaian
orang. Saya coba untuk memaparkan penilaian saya sendiri:

1. Milist yang ramai
Milist ini sangat ramai. Anggotanya saja hampir2 300 orang. Tapi bukan itu
prestasi utamanya...he..he. yang menakjubkan adalah jumlah posting per-bulan
antara 2000-3000 email. ck...ck... Artinya jika diambil angka yang rata maka
satu bulan tiap orang menulis 10 email ke milist ini. Cuma sayangnya, dari
beribu-ribu email yang ada di milist ini, lebih banyak berupa 'short-message'
yang tidak menjadi kepentingan 'hajat-hidup-orang-banyak' (he...he...).
2. Koneksi internet berbeda
Kondisi koneksi internet masing-masing member itu pasti berbeda-beda. Ada yang
cepat, bebas hambatan laksana jalan tol... tapi ada juga yang sempit,
berkelok-kelok seperti gang-gang di perumahan. Jika seperti tol, apalagi
'dibayari' kantor sih tidak masalah, yang kasihan adalah yang 'berkelok-kelok'
tadi. Sudah berkelok-kelok, bayar sendiri pula. Membuka 'message' yang ribuan
itu tentu saja memakan waktu, sementara 'subject' dari email-email yang masuk
tidak mengarahkan si pembaca pada informasi yang mereka perlukan. Seringkali
pembaca tersesat pada 'short-message' tadi. Sementara mungkin ada informasi
yang penting yang 'tertimbun' oleh email-email yang pendek dan 'gembira'
tersebut.
3. Perlu panduan
Sumbang saran saya berikutnya buat admin milist ini. Biasanya jika member sudah
banyak sekali dengan berbagai macam kepentingan maka sudah waktunya Admin
membuat semacam peraturan. Ini hal yang lumrah, sebagaimana milist-milist besar
lainnya. Aturan ini selalu diposting tiap bulan untuk mengingatkan para member.
Ini menjadi 'Adat-Istiadat' milist. (Mohon maaf jika ternyata aturan ini sudah
ada, karena saya sih belum pernah menemukannya)
Misalkan, bagi para member yang hanya sekedar ingin berkomentar singkat, maka
di 'Subject' wajib mencantumkan "SM" atau apalah ... supaya orang tidak patah
hati membacanya :).

Ini saya ambil dari http://128.121.65.91/netiquet.htm mungkin berguna bagi kita
semua, penekanan pada point ke 4 di bawah ini:

Important rules of mailing lists, news groups, forums, message boards, etc.
- Don't send a personal message to the entire group
- Don't send a message to the entire list asking to subscribe (or unsubscribe)
to the list. Send it to the list administrator.
- Think for awhile before sending a snappy reply. (Not a "rule" but saves a lot
of grief later!)
- Be conservative on what you send and liberal on what you receive.

Mudah-mudahan sumbang pendapat ini berguna bagi komunitas blogger makassar.
Maaf jika saya sebagai member yang masih hijau ini sudah terlalu banyak
bicara...

Tabe' Di'

Muhlis
http://mutohberrock.blogspot.com