From: Andi Muhlis <[EMAIL PROTECTED]>
To: blogger_makassar@yahoogroups.com
Sent: Sunday, December 16, 2007 12:16:16 AM
Subject: [blogger_makassar] sumbang pendapat ttf milist berbobot atau tidak
berbobot

Maaf sebelumnya, perkenankan saya memperkanalkan diri terlebih
dahulu, karena ini adalah posting saya yang pertama di milist
blogger_makassar.

Nama saya Muhlis, To Wajo yang lahir di Pare-pare.
Sekarang jadi passompe'. Saya tergelitik untuk ikut
sumbang pendapat tentang milist yang berbobot atau tidak, sehubungan dengan
email dari Andi Emil.

Memang berbobot atau tidaknya sesuatu sangat tergantung
subyektifitas penilaian orang. Saya coba untuk memaparkan penilaian saya
sendiri:

1. Milist yang ramai

Milist ini sangat ramai. Anggotanya saja hampir2 300 orang.
Tapi bukan itu prestasi utamanya...he. .he. yang menakjubkan adalah jumlah
posting per-bulan antara 2000-3000 email. ck...ck... Artinya jika diambil angka
yang rata maka satu bulan tiap orang menulis 10 email ke milist ini. Cuma
sayangnya, dari beribu-ribu email yang ada di milist ini, lebih banyak berupa
'short-message' yang tidak menjadi kepentingan
'hajat-hidup- orang-banyak' (he...he...) .

2. Koneksi internet berbeda

Kondisi koneksi internet masing-masing member itu pasti
berbeda-beda. Ada yang cepat, bebas hambatan laksana jalan tol... tapi ada juga
yang sempit, berkelok-kelok seperti gang-gang di perumahan. Jika seperti tol,
apalagi 'dibayari' kantor sih tidak masalah, yang kasihan adalah yang
'berkelok-kelok' tadi. Sudah berkelok-kelok, bayar sendiri pula. Membuka
'message' yang ribuan itu tentu saja memakan waktu, sementara
'subject' dari email-email yang masuk tidak mengarahkan si pembaca pada
informasi yang mereka perlukan. Seringkali pembaca tersesat pada
'short-message' tadi. Sementara mungkin ada informasi yang penting yang
'tertimbun' oleh email-email yang pendek dan 'gembira' tersebut.

3. Perlu panduan

Sumbang saran saya berikutnya buat admin milist
ini. Biasanya jika member sudah banyak sekali dengan berbagai macam
kepentingan maka sudah waktunya Admin membuat semacam peraturan. Ini hal yang
lumrah, sebagaimana milist-milist besar lainnya. Aturan ini selalu diposting
tiap bulan untuk mengingatkan para member. Ini menjadi 'Adat-Istiadat' milist.
(Mohon maaf jika ternyata aturan ini sudah ada, karena saya sih belum pernah
menemukannya)

Misalkan, bagi para member yang hanya sekedar ingin
berkomentar singkat, maka di 'Subject' wajib mencantumkan "SM" atau apalah ...
supaya orang tidak patah hati membacanya :).

Ini saya ambil dari http://128.121. 65.91/netiquet. htm mungkin
berguna bagi kita semua, penekanan pada point ke 4 di bawah ini:

Important rules of mailing lists,
news groups, forums, message boards, etc.
- Don't send a personal
message to the entire group
- Don't send a message to the entire list asking
to subscribe (or unsubscribe) to the list. Send it to the list
administrator.
- Think for awhile before sending a snappy reply. (Not a
"rule" but saves a lot of grief later!)
- Be conservative on what you send
and liberal on what you receive.

Mudah-mudahan sumbang pendapat ini berguna bagi komunitas
blogger makassar. Maaf jika saya sebagai member yang masih hijau ini sudah
terlalu banyak bicara...

Tabe' Di'

Muhlis

http://mutohberrock .blogspot. com

<!--

#ygrp-mkp{
border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:14px 0px;padding:0px 14px;}
#ygrp-mkp hr{
border:1px solid #d8d8d8;}
#ygrp-mkp #hd{
color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:bold;line-height:122%;margin:10px 0px;}
#ygrp-mkp #ads{
margin-bottom:10px;}
#ygrp-mkp .ad{
padding:0 0;}
#ygrp-mkp .ad a{
color:#0000ff;text-decoration:none;}
-->

<!--

#ygrp-sponsor #ygrp-lc{
font-family:Arial;}
#ygrp-sponsor #ygrp-lc #hd{
margin:10px 0px;font-weight:bold;font-size:78%;line-height:122%;}
#ygrp-sponsor #ygrp-lc .ad{
margin-bottom:10px;padding:0 0;}
-->

<!--

#ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:arial, helvetica, clean, sans-serif;}
#ygrp-mlmsg select, input, textarea {font:99% arial, helvetica, clean,
sans-serif;}
#ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}
#ygrp-text{
font-family:Georgia;
}
#ygrp-text p{
margin:0 0 1em 0;}
#ygrp-tpmsgs{
font-family:Arial;
clear:both;}
#ygrp-vitnav{
padding-top:10px;font-family:Verdana;font-size:77%;margin:0;}
#ygrp-vitnav a{
padding:0 1px;}
#ygrp-actbar{
clear:both;margin:25px 0;white-space:nowrap;color:#666;text-align:right;}
#ygrp-actbar .left{
float:left;white-space:nowrap;}
.bld{font-weight:bold;}
#ygrp-grft{
font-family:Verdana;font-size:77%;padding:15px 0;}
#ygrp-ft{
font-family:verdana;font-size:77%;border-top:1px solid #666;
padding:5px 0;
}
#ygrp-mlmsg #logo{
padding-bottom:10px;}

#ygrp-vital{
background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;padding:2px 0 8px 8px;}
#ygrp-vital #vithd{
font-size:77%;font-family:Verdana;font-weight:bold;color:#333;text-transform:uppercase;}
#ygrp-vital ul{
padding:0;margin:2px 0;}
#ygrp-vital ul li{
list-style-type:none;clear:both;border:1px solid #e0ecee;
}
#ygrp-vital ul li .ct{
font-weight:bold;color:#ff7900;float:right;width:2em;text-align:right;padding-right:.5em;}
#ygrp-vital ul li .cat{
font-weight:bold;}
#ygrp-vital a{
text-decoration:none;}

#ygrp-vital a:hover{
text-decoration:underline;}

#ygrp-sponsor #hd{
color:#999;font-size:77%;}
#ygrp-sponsor #ov{
padding:6px 13px;background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;}
#ygrp-sponsor #ov ul{
padding:0 0 0 8px;margin:0;}
#ygrp-sponsor #ov li{
list-style-type:square;padding:6px 0;font-size:77%;}
#ygrp-sponsor #ov li a{
text-decoration:none;font-size:130%;}
#ygrp-sponsor #nc{
background-color:#eee;margin-bottom:20px;padding:0 8px;}
#ygrp-sponsor .ad{
padding:8px 0;}
#ygrp-sponsor .ad #hd1{
font-family:Arial;font-weight:bold;color:#628c2a;font-size:100%;line-height:122%;}
#ygrp-sponsor .ad a{
text-decoration:none;}
#ygrp-sponsor .ad a:hover{
text-decoration:underline;}