Dear all,

Saya sebelumnya enggan berkomentar karena saya juga bukan orang yang
senang cari masalah dalam Komunitas Milis Blogger AM ini. Tapi demi
pengembngan milis ini ke depan, tidak ada salahnya saya memberikan
komentar (milis ini ditempati orang-orang demokratis dan berjiwa
besarji toh?)

Awal tujuan saya masuk diMilis ini, saya berharap bisa menjalin tali
silaturahmi dengan sesama blogger dari makassar, selain itu juga bisa
mendapat informasi kegiatan Kopdar ataupun info seputar pengembangan
blog maupun homepage.

Selama mengikuti milis ini hampir sebulan lamanya, banyak info yang
saya dapat. Jadwal kopdar FKN diGowa, penerbitan buku hasil kolaborasi
blogger AM, lalu jadwal kegiatan pesta blogger 2008, blogger award,
link kreatif sejenis potofunia.com, pandangan antara wanita dan pria
dari perspektif yg berbeda, beberapa postingan menarik yang diambil
dari blog para blogger makassar dsb.

Namun sayang, entah disadari atau tidak rupanya milis ini diarahkan
untuk menjadi ajang room chat bagi beberapa orang yang tampaknya
selalu mendominasi milis ini. Hingga akhirnya inbox lebih dibanjiri
oleh komentar-komentar pribadi yang belum tentu diperlukan oleh orang
lain. Seperti misalnya, apa kegiatan iseng blogger tertentu pada saat
itu, menu makan siang apakah mo makan coto atau konro atau sarabba,
dan percakapan balas-balasan yang menurut salah seorang blogger isinya
gak penting  (idem, saya juga berpendapat sama dengan blogger
tersebut, sebagian besar isi percakapan pendek tersebut gak penting
dan sekali lagi....emang gak penting banget!).

Perlu Anda ketahui, milis ini bukan satu-satunya milis yang saya
ikuti. Saya mengikuti tidak kurang dari 10 milis dan mengelola 5 milis
nasional maupun internasional. Dari sekian milis tersebut, saya amati
memang milis AM adalah yang teraktif dibanding milis lain. Dalam
sehari tidak kurang dari 20-an message (bahkan bisa mencapai 75
messages) yang terangkum dalam DAILY DIGEST yang saya terima tiap
harinya. Hanya saja, jujur milis ini termasuk milis yang kurang
informatif dan kurang dinamikanya dalam hal transfer ide ataupun
pemikiran kritis. Komen yang gak penting tadi (yang ditulis oleh orang
yang itu-itu lagi!) lebih disambut meriah oleh anggota milis dibanding
postingan isu-isu menarik sehari-harinya yang diposting oleh seseorang
yang kurang dikenal atau bukan orang yang sering ikut-ikutan memberi
komentar singkat. Saya gak tau kenapa bisa seperti ini.

Saya yang harin-harinya memoderasi beberapa milis, jadi bertanya-tanya
dimana kontrol moderator milis AM? Apakah ini memang tujuan utama
dibentuknya milis ini? Jadi rumah kedua bagi blogger yang kurang puas
chatting di chat room sana? Saya ingin sekali mendengar jawaban dari
moderator-moderator milis ini, tujuan utama anda dan tugas moderasi
anda sebatas apa?
Kalau memang benar tujuan utamanya hanya untuk berbalas-balasan
komentar singkat, berarti saya dan beberapa blogger yang berpikiran
sama, mungkin salah bergabung. Mungkin it's a farewell time for me
though, dengan milis AM dan juga member milis ini.

Mungkin cuma itu saja komentar dari saya. Mudah-mudahan bisa disikapi
dengan bijak dan tidak mengedepankan emosi ataupun otot;)
Jika ada kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. It's just my
personal thought, merely from Me, Myself and Aya.

Cheers,
Aya
**Our mind is the center of the universe attraction**
http://nurhayanurdin.blogspot.com

Kirim email ke