Selamat pagi menjelang siang semuanya..

Diskusi yang menarik.
terus terang setiap kali ada anggota milis ini yang unsub karena alasan
"banyak email yang gak penting banget", setiap itu juga saya merasa sedih.
sedih karena artinya harus kehilangan satu teman lagi sekaligus sedih karena
sepertinya memang ada hal yang menurut sebagian orang adalah "masalah" dan
oleh karenanya harus dihindari.

okeh, saya mau cerita sedikit tentang pegalaman saya selama bergabung dengan
milis ini, mudah2an tidak dianggap narsis.
pertama kali gabung di sini dan masih pake Yahoo saya juga terus terang jadi
suka kesal. bagaimana tidak, beberapa email yang masuk betul2 hanya berisi
sapaan a la chatting room ato kalopun panjang2 isinya sama sekali tidak ada
hubungannya dengan blog (sesuatu yang menarik saya masuk ke milis ini).

saya bahkan hampir unsub-terus terang. saya tidak tahan setiap hari email
saya selalu penuh dengan email yang nggak penting.

persepsi saya mulai berubah sejak pertama kali kopdar dengan teman-teman di
sini. ditambah lagi dengan kepindahan account saya ke Gmail. kopdar membuat
saya makin dekat dengan anggota milis. account Gmail membuat email lebih
teratur. akhirnya saya ndak jadi unsub.

okelah, saya juga harus mengakui kalau memang seringkali ada email yang
menurut saya juga nggak penting banget. pamer makan siang, email one line,
thread memanggil seseorang yang kemudian berpanjang-panjang, dan kalo soal
OOT jangan ditanya deh..di sini sudah akut banget...hihihi. tapi ya itu,
saya menikmatinya sebagai sebuah dinamika. toh, beberapa milis lain yang
saya ikuti kebutuhan saya akan sesuatu yang bersifat intelektual, penambahan
wawasan atau hal2 serius lainnya sudah terpenuhi, jadi saya anggap milis ini
sebagai sebuah warung yang menjual rujak. mungkin gak terlalu banyak gizinya
kayak warung2 lain yang saya datangi, tapi tetap segar dan enak tentu
saja...

sekarang setiap kali saya mendeteksi sebuah email yang mungkin nggak penting
dan saya lagi sedang tidak mood atau tidak ada waktu untuk ikut2an nggak
penting, maka saya akan langsung menyeleksi email tersebut dan marked as
read..gak pelu diapus..thanks to Gmail yang sudah ngasih kapasitas
besar..:), kadang2 kalo lagi iseng, mood lagi santai dan gak ada kerjaan ya
saya juga ikut2an kirim email gak penting...( maap..maap..)

saran saya untuk semua anggota milis, kalau memang ternyata anda merasa
terganggu ya kami tidak bisa melakukan apa-apa. semua keputusan ada di
tangan anda, meski untuk kehilangan seorang teman tentu adalah sebuah
kehilangan yang besar. tak ada yang mengharapkan hal seperti itu bukan ?.
milis ini sangat terbuka, milis ini isinya sangat beragam, meski tujuan
utamanya adalah menjalin komunikasi, interaksi dan silaturahmi sesama
blogger Makassar. toh, melalui interaksi di milis ini banyak juga kegiatan
positif yang bisa kita gelar dan tentu saja masih banyak hal positif yang
bisa kita ambil. suasana santai yang ada di sini juga terus terang membuat
saya selalu merasa muda (siul-siul..)

untuk teman-teman yang masih betah dengan hal-hal yang nggak penting di
milis ini saya cuma bisa bilang kalau kritikan dan komentar yang bersifat
sangat membangun seperti yang diutarakan Ibu Aya jelas sangat kita perlukan.
kita perlu cermin untuk berdandan biar kelihatan lebih cakep, bukan begitu ?
( untuk Mus: kapan terakhir kali kau bercermin..?, hihihi), dan bagaimanapun
kita harus jadi lebih dewasa (meski itu adalah opsional..:) ), jadi marilah
kita semua bercermin dari kritikan yang membangun dan berusaha untuk
"meminimalkan" korban...halah..

demikianlah opini saya yang pendek ini, mungkin untuk sementara segitu
dulu...
segala kebenaran datangnya dari Allah dan segala kesalahan ada pada saya..
:)

wassalam..

--
-----