Terlepas kelemahan KPU maupun kemungkinan adanya hal yg memang disengaja,
sebuah kenyataan yg nyata sekali, bahwa memang data kependudukan yg menjadi
acuan pembuatan daftar pemilih oleh KPU kita memang berantakan.
Dan dari kemaren2 jg memang sudah begitu koq. Cuman saat ini lebih di blow up.

Bila ada yg meninggal, apakah masyarakat sudah tau dan menjalani prosedur yg
mesti dilakukan terkait data kependudukan ini?

Apakah orang2 yg ngontrak di sebuah tempat misalnya, ataupun yg nge-kost,
terdata semua sampai ke data kependudukan? Apakah org yg pindah kontrakan
semuanya menjalani prosedur, mendaftar ke RT setempat?

Kesimpulan saya, faktor yg paling dominan terhadap kesemrautan DPT di negeri
ini adalah data kependudukan yg tdk beres. Dan itu dimanfaatkan orang2 yg mau
memanfaatkan kesempatan ini.

Kesimpulannya, data kependuduka, dan kesadaran masyarakat kepada pentingnya
data kependudukan ini, termasuk saya sendiri misalnya, masih punya 2 KTP.
Sumber masalah terbesar saya kira ada di sana. Dan dari situ peluang
penyelewengan muncul.

Lalu harus golput? Saya yakin bukan itu langkah yg terbaik. Kecuali memang yg
terpaksa golput. Saya termasuk org yg paling muak terhadap tingkah para anggota
dewan. Juga para pejabat pemerintah. Tp sekali lagi, saya berpendapat, bukan
golput cara terbaik. Itu kalau saya. Makanya tadi sudah berbondong-bondong ke
TPS.

Gitu ces....

Piiiiiiiissssss,
-DM-
Kamus Bhs Daerah: http://kamusitas.com
Blog PremanG: http://premang.catatanku.com
Sent from my dMarBerry® Huron or Nothing....!