Rekan-rekan yang baik,
Inilah yang disebut sepuluh orang 'menyapu' hasilnya sepuluh macam.....
seratus orang memberi sedekah, amalnya pun seratus macam.....seribu orang
memberi hormat, seribu macam juga hasilnya! Untuk orang banyak, atau
massa, ritual penting agar ada 'keseragaman', namun bagi individu ritual
perlu penyesuaian dengan kondisi individu yang bersangkutan. Kita harus
hati-hati benar dalam menyimpulkan karena mata bisa salah, kuping bisa
menipu, rasa bisa keliru.........:-)

salam,
tirta

On Tue, 15 Feb 2005, RM Danardono HADINOTO wrote:

> Demikianlah, pak, dibanyak agama, pengalaman agama yang rutin itu
> tenggelam menjadi ritual.
>
> Saya perhatikan umat disekitar saya kalau ke gereja (Protestantkah
> atau katholikkah), apakah di di Indonesia ataukah (apalagi) di Eropa,
> terjadi semacam automatisme. Umat melaksanakan ritual itu, secara
> automatis, mungkin karena sudah hafal, termasuk menerima hostia.
>
> Lalu mendengar khotbah sambil me-lamun2 atau memikirkan yang lain,
> ada yang menguap.
>
> Waktu berdiri, berdiri, waktu berlutut, berlutut, dan semua mazmur
> [...]

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM