Xuan Tong-xiong,

Memang betul Remy Sylado itu tukang plintir, selain Ca Bau Kan yang
pernah saya tulis kritiknya, coba baca juga Siau Ling, yang pernah
dipentaskan di TIM, yang mengatakan suling (bhs Ind) berasal dari
siau-ling (bhs TH)! Kan gila!!! Tapi ternyata banyak orang percaya
isapan jempolnya itu! Bahkan Ca Bau Kan laku keras, sampai dicetak
ulang entah berapa kali. Saya pernah bertemu dengan Bp Parakitri
Simbolon dari KPG, ternyata beliau sudah membaca kritik saya itu dan
setuju bahwa apa yang saya tulis tidak mengada-ada.

Mengenai Tong Hay Kwa Loosianseng dari Kelenteng Sam Poo Tong di
Liongtjhoan (Sam Pa Lang), memang dia ada satu she dengan siauwtee,
tapi bukan kerabat. Dia dari Jawa Tengah (kl tdk slh Lasem),
sedangkan siauwtee ada asal keturunan Ciampea, Bogor, Jawa Barat.
Mungkin saja kakek-moyang kami di Tiongkok beberapa puluh generasi
lalu kerabat dekat, hanya sekarang baru bertemu lagi di Jawa.

Kwa tidak sama dengan Kwee. Kwa (juga dieja Qua, Kuah, Kua di negara
Asean lain) = Ke dari bintang film lama Ke Junxiong. Sedangkan Kwee
(Kwik, Que) = Guo dari Guo Fucheng.

Kiongchiu,
DK

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "perfect_harmony2000"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kwa heng ,
>

> Saya pernah bertemu dengan seorang yang paham sejarah Semarang dan
> Sampo Taijin mentertawakan buku Remy Sylado mengenai Sampo Taijin.
> Belum lagi Remy Sylado pernah memelintiri tulisan aksara Tionghoa
> demi kepentingan siar agama.
>

> hormat saya ,
>

> Xuan Tong
>

> PS: saya memiliki kawan yang kebetulan bermarga sama dengan Kwa
heng
> dan merupakan buyut dari kepala Kong Kwan Semarang.
> Apakah anda masih kerabatnya ?
> [...]

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM