From: "RM Danardono HADINOTO" <[EMAIL PROTECTED]>
> Mengenai kebangsawanan, mang Ucup, ada keluarga Tionghoa, yang
> diangkat menjadi bangsawan tinggi diwilayah kerajaan Mataram,
> sebagai Kanjeng Bupati, dengan nama bangsawan Kanjeng Bupati
> Setyadiningrat. Wilayah kabupaten ini ada di Jogya, dengan nama
> wilayah Setyadiningratan.

Wah ini mengaduk memori lama saya. Jl. Sultan Agung yang membentang dari
perempatan Gondomanan (nama lama) hingga perempatan Tanjung, dulu namanya
adalah Jl. Secodiningratan karena disitu dulu ada rumahnya Kanjeng Bupati
Secodiningrat. Banyak nama jalan dan kampung di Yogya yang asalnya diambil
dari nama penghuninya, Jl Prawirotaman ada di kampungnya prajurit kraton
Prawirotomo, Jl Wirobrajan (kini Martadinata) ada dikampungnya prajurit
Wirobrojo, Jl Ketanggungan ada di kampungnya prajurit Katanggung, lalu
kampung Daengan adalah kampungnya prajurit Daeng, Bugisan kampungnya
prajurit Bugis, Ngampilan kampungnya abdi dalem kraton Ampil, dan ayah saya
dulu kalau mau jalan-jalan ke Malioboro nyebutnya mau ke Pecinan, karena
jalan Malioboro yang membelah kampung cina di Yogya itu dulu namanya Jl
Pecinan. Sayang, nama-nama jalan yang unik tersebut kini banyak yang tinggal
kenangan akibat diganti dengan nama-nama baru, terutama sejak orde baru
berkuasa. Mungkin itu yang mereka anggap kemajuan.

Han,
yang tinggal di kampung Tejokusuman, dekat rumah Pangeran Tejokusumo, salah
seorang perintis jurusan arsitektur UGM.

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM