Bung Skalaras yang budiman:

Bolehkah saya memberi penjelasan sedikit.Ada buku
pelajaran untuk anak anak,judulnya "San Zi Jing", yg
mulai dengan: Ren zhi chu xing ben shan (
terjemahannya: Pada permulaan manusia karakternya
baik). Walaupun demikian manusia ada potensi untuk
jahat disamping asalnya yang baik. Bila si manusia
memupuk kebajikan seperti dalam ajaran Confusius
("ren, yi, li, zhi, sin" serta "lian, chi") orang
menjadi baik, bisa mengharap menjadi "junzi" (orang
yang kebajikannya superior)  sebaliknya bila memilih
dan memupuk yang jahat seperti keconkakan,
kemarahan,iri hati, nafsu, kerakusan/ketamakan,
kekikiran, kemalasan( ini saya terjemahkan dari seven
deadly sins: Pride, Wrath, Envy, Lust, Gluttony,
Avarice , Sloth karena saya tidak tahu dalam ajaran
Confusius bagaimana) orang menjadi jahat. Dalam hal
ini lingkungannya mempengaruhi. Dalam ilmu etika orang
Barat adapula pelajaran yang sama karena manusia itu
mempunyai kemauan bebas. Ia bebas milih yang baik atau
 milih yang jahat. Pilihannya dibiarkan oleh Tuhan
karena Tuhan memberi kita kebebasan pribadi.
Peter Liem

--- Skalaras <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya rasa tanggapan anda sudah melenceng dari inti
> pembicaraan saya. Saya mengatakan: potensi/kodrat
> seorang manusia yang mendasari arah perkembangan
> manusia itu. seorang yang tak punya kaki tak mungkin
> meloncat, seorang bisa meloncat karena dia punya
> kaki. analogi ini saya utarakan untuk membicarakan
> sumber dari keburukan. saya tidak sedang
> membicarakan batas potensi umat manusia!!! jangan
> menyimpang dan mengaburkan masalah.
>
> salam,
> ZFy

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM