sdr. Yasuaki ,

sebenarnya postingan itu adalah postingan orang yang tidak memahami.
Dalam hadist disebut bahwa kata SHINNI bukan China.

Shinni adalah sebutan umum orang Arab untuk Tiongkok , terlepas dari
dinasti apapun.
Sama seperti sebutan orang Tiongkok pada masa Tang dan pra Tang
untuk Roma adalah Da Qin.
Atau sebutan orang Yunani untuk Tiongkok adalah Seres.
Kita tidak akan menemui istilah Da Qin dalam sejarah Roma atau Seres
dalam sejarah Tiongkok.

Jadi tidak ada hal yang aneh disini , karena sebutan yang lumrah
bagi suatu daerah yang digunakan oleh bangsa lain.
Misalnya orang Tionghua menyebut JiuJin Shan untuk San Fransisco
(CMIIW). Jelas tidak ada istilah JiuJin Shan di Amerika , sebutan
itu hanya ada di kalangan orang Tionghoa.

Contohnya sebutan China pada masa Qing dan Repulik , jelas-jelas
mengacu kepada suatu wilayah yang kita sebut secara umum yaitu
Tiongkok.

Soal sekolah tinggi , seingat saya banyak dikirim pelajar-pelajar
dari Korea , Jepang untuk mempelajari tata cara pemerintahan ,
budaya , teknologi , pengobatan dan lain-lain pada masa dinasti Tang
tersebut. Jadi tidak selalu mempelajari Taoism atau Buddhism.
Bahkan universitas Buddhism yang terbesar itu ada di Sriwijaya dan
konon Fa Xian belajar disana.
Dan yang umum dan populer adalah sekolah yang berbasis kepada konsep
pendidikan Confuciusm. Misalnya BaiLu Dong ShuYuan.

hormat saya ,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "yasuaki_kurata05"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Sebetulnya saya agak ragu-ragu mengirimkan posting ini krn saya
> nggak mau membuat milis ini jadi ajang perdebatan agama, apalagi
> yang sifatnya mencaci maki. Tapi, posting yang saya kutip dari
milis
> apakabar ini menurut saya bisa dijawab dengan objektif oleh rekan-
> rekan di sini yang menguasai sejarah Tiongkok.
>
> Okelah, jangan terpengaruh dengan kutipan di bawah ini yang
terkesan
> provokatif, cukup ditanggapi saja secara cerdas dan objektif.
Nggak