Rinto Jiang :
> Satu lagi yang paling menonjol perwatakannya adalah Hakim Bao. Hakim
Bao
> yang dikenal ketegasan, keadilan dan wataknya yang kuat digambarkan
> sebagai hakim yang bermuka hitam. Padahal dalam catatan sejarah asli,
> Song Shi, Hakim Bao itu putih bersih orangnya.
>
> OOT: Dulu ada yang tanya ke saya, mengapa Hakim Bao punya tato bulan di
> dahinya. Saya jawab sekalian. Tato bulan ditambahkan karena dalam
cerita
> novelnya, Hakim Bao adalah bertindak sebagai hakim di 2 dunia.
Mengadili
> manusia pada siang hari dan mengadili roh-roh gentanyangan yang ingin
> mencari keadilan di malam hari. Jadi, tidak ada tato bulan pada dahi
> Hakim Bao yang pernah hidup di zaman Song itu.

Stevan Nio :
Saya malah pernah dengar kalau bulan di dahinya hakim Bao itu adalah
sebuah luka.
Ceritanya, pada waktu (nyonya Zhou) mamanya hakim Bao akan melahirkan.
Papanya (Bao Huai) bermimpi didekati oleh makhluk bertanduk 2,
berwajah hijau, berambut merah, taringnya mencuat dari bibirnya yang
tebal, tangan kiri memegang emas, tangan kanan memegang kuas merah1.
Bao Huai menganggap bahwa bayi tersebut (Bao San/hakim Bao) adalah
setan, sehingga dia menyuruh putranya yang kedua (Bao Hai) untuk
membuang bayi tersebut.
Tetapi untungnya Bao San2 (hakim Bao) diambil oleh kakaknya tertua
(Bao Shan). Dan selama 6 tahun dia dirawat oleh Bao Shan & istrinya
(nyonya Wang), selama itu pula dia menganggap kakak & kakak iparnya
adalah orang tuanya. Suatu saat dia disuruh oleh mamanya (yang
notabene adalah kakak iparnya), untuk mengucapkan selamat ulang tahun
buat neneknya (sebenarnya adalah ibunya sendiri), entah mengapa ada
perasaan yang kuat sehingga dia memberi hormat sampai dahinya berdarah.
Catatan :
1. makhluk tersebut adalah perwujudan dari Dewa Langit WenQu,
dikatakan bahwa hakim Bao adalah titisan dari Dewa Langit WenQu
2. Bao San kemudian diberi nama Bao Zheng, oleh gurunya yang bernama
Ning Yu