Kotak pen menulis:

Jadi intinya kalau mau debat politik, asal menyangkut masalah
tionghoa boleh dilakukan di milis ini? Apa tidak salah keputusan
itu? Milis ini bisa menjadi arena debat yg justru akan menodai
budaya tionghoa itu sendiri mengingat cina sangat heterogen. Mulai
dari posisi diametrical antara CCP yg mainland dengan The Epoch
Times yg Taiwan soal 9 komentar partai komunis, sampai posisi
Baperki lawan LPKB ditarik Bakom PKB ditarik CSIS yg tak habis
habisnya. Mulai soal SKBRI bagi new comer vs yg sudah 2 abad di
Indonesia, sampai soal cina kristen/khatolik lawan konghucu, atau
soal afiliasi politik ikut Beijing or mending  Washinton. Soal
korupsi konglo hitam lawan prestasi bersih olahragawan cina, dll dll
yang semua notabene menyangkut tionghoa. Jika semua itu diijinkan,
bisa dedel duwel nanti milis ini, menjadi arena debat kusir, fitnah
dan menjelekkan orang. Jika itu sampai terjadi---, bukankah
Xuanthong sendiri pernah bertanya, inikah budaya tionghoa???

Konflik diatas baru konflik internal sesama cina. Bagaimana jika si
jeritan bisu kaum tersisih dan ki gemblung itu dengan yurisprudensi
yang sama ikut nimbrung menjelek jelekkan budaya cina? Tidakkah
semua akhirnya akan lepas kontrol? Tapi bila Rinto heng bilang
boleh, yaaa tidak apa apa. Kita semua akan datang dan rame rame main
di sini. Pertama tama yang saya ajak pibu pasti si JBKT.

Terima kasih.

Rinto Jiang:

Bung Kotak pen,

Berarti anda belum pernah mengikuti beberapa topik diskusi yang berjalan alot namun tidak menjadi debat kusir di dalam milis ini di masa lalu. Semisal:

- diskusi pemberontakan Boxer antara blok pro-pemberontakan dan kontra pemberontakan,
- diskusi pemelintiran karakter Tionghoa berkaitan dengan misi agamanisasi antara blok pro-pemelintiran dan anti-pemelintiran,
- diskusi agama dan budaya apakah tidak bisa berjalan bersama oleh blok pro-agama dan blok pro-budaya,
- diskusi penegakan hukum dalam kaitan dengan kebudayaan Tionghoa oleh blok pro-qinglifa dan blok pro-faliqing,
- diskusi kesaksian2 dalam agama tertentu atas kebudayaan Tionghoa oleh blok pro-kesaksian dan blok pro-klarifikasi.
- dan masih banyak diskusi lainnya yang juga berbobot, namun tidak sampai menjadi debat kusir.

Berkaitan dengan debat kusir, tetap saja tidak diperbolehkan di milis ini, dalam sejarah 1 tahun 10 bulan ini, talah ada 2 member dalam kesempatan terpisah karena diprotes oleh banyak member menyebabkan ybs harus dihentikan hak postingnya tanpa batas waktu. Salah satu yang di-ban itu chauvinis Tionghoa lagi, padahal saya pernah dengar ada kesan negatif milis BT karena dianggap merupakan tempat ngumpul para chauvinis dan primordialis Tionghoa.

Untuk diskusi yang dianggap telah menjurus kepada debat kusir yang tidak ada manfaatnya, moderator berhak mengarahkan atau bahkan menghentikan diskusi tersebut. Itu kesepakatan tidak tertulis di milis yang nampaknya memang disetujui oleh mayoritas member di milis BT.

Masalah JBKT atau Ki Gemblung saya pribadi merasa mereka tidak menjelek2kan budaya Tionghoa, bila memang ada Cina yang jelek dan merupakan kenyataan mengapa kita harus menihilkannya? Saya sudah bilang berkali2 bahwa Cina tidak dilahirkan 100% baik atau 100% jahat. Apakah kita harus mengenyampingkan suara2 seperti itu? Apakah kita tak tahan menerima kritik? Lagipula, mayoritas anggota sudah pinter, beberapa penulis yang dirasa tidak bermanfaat biasanya sudah menjadi black-list di mailbox mereka. Penulis punya hak menulis, namun pembaca punya hak untuk tidak membacanya. Itu makanya saya bilang mayoritas anggota di sini itu rasional, gak emosional.

Engkong Xuan Tong dalam kesempatannya bertanya "apakah ini budaya Tionghoa?" di milis sebelah adalah atas nama pribadinya dan tidak membawa nama milis. Saya sendiri menulis "Tionghoa yang pluralis" sebagai tanggapan atas pertanyaan engkong Xuan Tong. Wajar saja bila engkong menanyakan masalah ini, karena persepsi atas kebudayaan Tionghoa pada setiap orang kan tidak sama.

Silahkan rame-rame di sini, selama tidak menyalahi aturan main, diskusi se-alot apapun asalkan ada manfaatnya, mencerahkan tidak akan pernah diharamkan di sini. Yang diharamkan hanyalah diskusi yang tidak ada manfaatnya, buang2 waktu dan bandwith karena muter2 terus di tempat. Saya lihat anda baru bergabung, selamat datang dulu dari saya. Mohon pencerahannya.

Rinto Jiang