Sdr Joeb,

Saya belum membaca dan tidak berkepentingan membaca buku Indonesia
Jaya ini, dari beberapa diskusi yg anda tulis tentang buku ini, saya
mendapat kesan bahwa Indonesia Jaya ini walaupun mengutip dari sumber2
buku2 sejarah yg telah di baca khalayak umum, makna buku ini adalah
sebagai "penafsiran sejarah" yg ber sumber dari buku2 ahli sejarah
Indonesia.

Para ahli sejarah sebelum menulis buku sejarah , mereka mengadakan
research dulu, baik berupa barang2 bukti maupun dari sumber2 catatan2
sejarah yg lain, kemudian masih di cross check dulu dgn data2 yg sudah
di tulis oleh ahli2 sebelum nya, dan langkah2 yg lain.

Seperti yg anda tuliskan, Indonesia Jaya mengajak "belajar dari
sejarah" dan bukan sekedar "belajar sejarah", nah sejarah adalah
sesuatu yg pasti dan ada kebenaran nya, bukan sesuatu yg bisa di
tafsirkan dan masing2 orang mempunyai penafsiran sendiri2 dan berbeda2
dari sejarah yg sama. Seperti buku bible atau buku2 agama2 yg lain.

Contoh nya sejarah pelayaran Cheng Ho ke Nusantara, didapat dari
catatan harian pegawai Cheng Ho sendiri dan bukti2 barang2 peninggalan
yg ada di Nusantara maupun di Tiongkok, juga dari catatan2 sejarah
masa itu (babad tanah Jawi dsb nya), yg tidak pernah menyebut2 adanya
misi intimidasi maupun misi utk menaklukkan negara2 Nusantara.
Tetapi Anand menafsirkan misi tsb sbg misi unjuk kekuatan/intimidasi
karena banyak nya personel dan kapal yg menjadi bagian dari misi tsb.
Juga spt di sebutkan oleh rekan XT, tidak adanya penjajahan/kolonisasi
dari Tiongkok ke Nusantara, bahkan sama sekali tidak ada perang
ataupun kerusuhan pada kedatangan misi tsb, ber kali2 mereka datang di
sambut dgn tangan terbuka oleh kerajaan2 Nusantara, membuktikan kalau
penafsiran sejarah oleh Anand hanya sekedar yg berada di pikiran dia
sendiri, tanpa bukti2 yg menyanggah.

Selain itu boleh saya tambahkan, dalam diskusi/laporan diskusi yg di
posting dimilis ini, Anad Krishna selalu mempunyai tendensi mencurigai
se-olah2 ada upaya expansi negara2 yg mayoritas rakyat ras Cina, China
dan Singapore.
Sehingga penafsiran  sejarah oleh Anad Krishna akan selalu ber
dasarkan persepsi dia yg sudah terbentuk sebelum menilai secara
objective, spt yg dia lakukan dgn misi Cheng Ho ini.

rgds.  rene chan

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "joeb0905" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Bpk. Xuan Tong yang baik,
>
> Dengan senang hati saya mau berdiskusi ttg. isi atau esensi dari
> Buku Indonesia Jaya berdasarkan pengalaman pribadi saya membacanya.
> Sebenarnya Buku ini mengajak semua lapisan masyarakat Indonesia
> untuk belajar dari sejarah bukan sekedar belajar sejarah. Apa makna
> yang dapat kita pelajari dari suatu peristiwa di masa lampau.
> Bagaimana di masa lalu, kepulauan Nusantara bisa berjaya dan kenapa
> kemudian hancur sampai sekarang ini? Apakah 'resep'nya ? Kenapa
> konflik horizontal selalu terjadi di negara ini sejak berakhirnya
> [...]

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM