Topik ini terus saya ikuti karena saya anggap merupakan salah satu
sinyal bahwa milis ini berhasil dibawa ke satu jenjang yang lebih tinggi
yaitu menjadikan milis ini sebagai satu jembatan kecil komunikasi dua
arah antara subjek Tionghoa dan subjek non-Tionghoa.

Pertama kali milis ini didirikan hampir 2 tahun lalu, cap "primordial",
"eksklusif" pasti dilekatkan ke milis yang dianggap merupakan sarang
kongkow2 orang Tionghoa. Namun seiring dengan pengarahan dan
bertambahnya member2 dari segala unsur etnis, budaya, latar belakang
pekerjaan, lokasi domisili yang saling berbagi pengetahuan dan pemikiran
yang sangat menguntungkan bagi terciptanya fungsi lain yang lebih
penting daripada sekedar memperkenalkan dan memasyarakatkan kebudayaan
Tionghoa terutama di Indonesia bagi peminat2nya.

Bagi saya sendiri, pandangan saya positif terhadap bentuk pernikahan
macam ini karena ada beberapa contih hidup dalam keluarga saya. 3 paman
saya beristrikan 2 orang Jawa dan seorang Batak. Mereka diterima dengan
baik sekarang ini walau pada mulanya mendapat pertentangan dari masing2
keluarga. Pertentangan bukan saja datang dari keluarga paman, namun juga
keluarga Jawa dan keluarga Batak. Setelah melihat kesungguhan hati dari
paman saya dan keluarganya, mereka akhirnya mengizinkan dan merestui
pernikahan mereka itu. Sekarang kalau melihat anak umur 7 tahun salah
satu paman saya yang pintar, fasih bercakap dalam bahasa Jawa, Hokkian,
Tiochiu, Indonesia dan sedikit Mandarin, ingin juga rasanya punya istri
seorang Jawa. Hahaha.

Pernikahan, bukan cuma masalah 2 orang yang menikah melainkan lebih jauh
adalah pertautan antara 2 keluarga sehingga dalam memutuskan pernikahan
tidaklah boleh tergesa2 dan terlalu memaksakan kehendak sendiri. Lebih
jauh, pernikahan yang tak mendapat restu dari orang tua saya anggap
selamanya takkan dapat merupakan pernikahan yang sempurna dan bahagia.
Bagaimana berkomunikasi agar orang tua dapat menerima kondisi ini adalah
salah satu ujian yang harus ditempuh untuk menggapai kebahagiaan kalau
itu memang benar kita anggap merupakan kebahagiaan yang patut digapai.

Mudah2an milis ini dapat terus melaksanakan fungsi dalam konteks
pemikiran kebudayaan Tionghoa merupakan bagian integral dari kebudayaan
nasional Indonesia dan orang2 Tionghoa di Indonesia juga merupakan
bagian tak terpisahkan dari nasion Indonesia.

Rinto Jiang

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM