Hormat dengan membungkuk itu merupakan tradisi Jepang. Sebagaimana yg
kita ketahui, Jepang sangat memegang tradisi dan budaya mereka dalam
kehidupan modern saat ini. Karena itu bangsa Jepang tdk mudah di
ganggu dan dipecah belah, sebab budaya yang mempersatukan mereka.
Kecintaan kepada negara mereka, dan semangat Bushido yang ada di
dalam diri orang Jepang, ikut memberi andil kebangkitan mereka
setelah kekalahan di masa PD II. Bahkan USA pun ngak bisa
melaksanakan "democracy project" dan skenario "penghancuran" ekonomi
dgn pinjaman kepada Jepang (bisa jadi USA ngak tertarik juga krn
Jepang tdk memiliki sumber daya alam).

Setahu saya, Inggris baru memakai istilah "China" setelah Kerajaan
Qing kalah dalam perang candu.

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM