Kemarin malam saya nonton di Discovery Channel mengenai Pendekar
Wanita Tiongkok jaman dulu. Di situ dibahas mengenai Qi Lin (kalau
ngak salah spelling nya) seorang pendekar wanita yang memiliki ilmu
kungfu yang tinggi, dimana dia menikah dengan seorang pendekar
pemimpin gerakan untuk melawan dinasti Man Ching. Sampai suatu saat,
suaminya tertangkap dan dihukum mati, pad apemerintahan Kaisar Kian
Long. Selanjutnya, dengan sangat sedihnya dia memotong pendek
rambutnya di sebuah biara, dan mengambil alih kepemiminpinan gerakan
tersebut. Selanjutnya, dibawah kempimpinan dia, gerakan mereka sangat
merepotkan pemerintahan ManChing dan sering meraeih kemenangan dalam
setiap pertempuran. Salah satu ciri khasnya adalah kemampuan dia
berkuda dan bertarung dengan dua bilah pedang di tangannya. Dia
termasuk komandan yg cuykup disegani oleh anak buahnya. Sayang
sekali, di satu penyerangan dia mengalami kekalahan dan terdesak
sampai di pinggir jurang, dan dia memilih melompat dari jurang dan
mati, kalau ngak salah ingat di tahun 1798 pada usia 22 tahun di kota
Xian Yang, maklum nontonnya sudah dini hari, setengah tidur, mungkin
ada yg bisa Bantu koreksi kalau salah.
Sempat di ceritkan juga ttg pendekar wanita  pertama dalam sejarah
Tiongkok yg bernama Su Hau yg patungnya ada di kota An Yang à betul
ngak sih? Lupa lupa ingat dah…

Yg ingin saya tanya nih:
Ada yg bisa Bantu tambahkan informasi mengenai hidup pendekar wanita
di atas? Kok saya tdk temukan nama mereka di tjersil. Maklum, selama
ini saya tahunya hanya Lu Si Niang yg mrpk tokoh lihiap yg pernah
hidup, selain Wu Ze Tian tentunya. Tokoh lihiap lainnya yg tanda
tanya antara real ngak real adalah Princess Chun Ping, giok lo sat,
beng lee kun, mu lan dll. Yg membuat saya bertanya ttg harkat dan
martabat wanita Tiongkok jaman dulu, apakah memang berdiri setara dgn
cowok, ?
Yang saya tahu wanita Tiongkok antara abad 19 dan 20 termasuk
tertindas dan susah sekali utk mendapat pendidikan tinggi.
Thanks.

1.2 million kids a year are victims of human trafficking. Stop slavery.
http://us.click.yahoo.com/X3SVTD/izNLAA/E2hLAA/BRUplB/TM