Rekan-rekan,
Pernah ada teman berkomentar di depan saya, ia
mengatakan: "Untuk apa ribut masalah Yasukuni, biarkan
saja, biar saja Jepang memuja-muja penjahat perang,
asalkan kita tidak. Sejarah sudah lewat, jangan
membuang-buang energi mempermasalahkannya!"
Meskipun itu hanya pendapat seorang, tapi saya kira
banyak orang berpendapat sama. Hal ini terjadi karena
mereka tidak menguasai masalah.
Penghormatan terhadap penjahat perang di Jepang oleh
Perdana Menteri Koizumi mempunyai maksuk politik dan
mempunyai pengaruh yang luas di Jepang. Menghormati
penjahat perang, berarti membenarkan tindakan Jepang
pada saat Perang Dunia II. Semua pimpinan negara Asia
Tenggara mengerti ini. Hanya karena Jepang sekarang
adalah raksasa ekonomi, bahkan raksasa militer,
meskipun belum diekspose, maka kebanyakan pemimpin
tidak berani ngomong. Mereka mencari selamat daripada
bertentangan dengan raksasa Jepang yang sekarang
dibacking oleh raksasa Amerika. Lain halnya Korea dan
Tiongkok, dua negara paling menderita oleh Jepang
dalam awal abad ini. Korea diduduki Jepang, Tiongkok
diporak porandakan Jepang, sekitar 30 juta korban
rakyat yang mati oleh Jepang selama perang, di Nanjing
saja 300000 penduduk sipil dibantai, laki-laki
dibunuh, anak-anak dibunuh, wanita diperkosa. Belum
terhitung banyaknya wanita muda yang dipaksa jagi
pelacur bagi tentara Jepang. Jepang bahkan menggunakan
senjata kimia dan biologi di Tiongkok, sampai sekarang
korban masih berjatuhan. Buruh bangunan yang menggali
fondasi di Tiongkok Timur Laut sering mati keracunan
karena di bawah tanah ada zat kimia beracun yang
ditinggalkan Jepang, sampai sekarang Jepang tidak mau
memberi peta letak zat-zat beracun itu di tanam.
Tapi itu sudah lewat, sejarah! Yah, jangan lupa, bahwa
Koizumi dan golongan ultra kanan Jepang sedang membuat
opini masyarakat. Agresor Jepang dalam perang dunia
yll. dikatakan korban perang, penjahat perang
dikunjungi tiap tahun untuk diberi hormat. Taiwan yang
dijajah Jepang dan harus dikembalikan lagi ke Tiongkok
setelah Jepang kalah perang, sekarang mulai
dikutik-kutik lagi, bahkan Jepang siap membela Taiwan
kalau terjadi perang. Kemenangan pemilu untuk Koizumi,
menunjukkan bahwa membangkitkan semangat militerisme
Jepang, dengan dimulai memasyarakatkan pandangan bahwa
Jepang hanya korban dalam Perang Dunia II sudah
menunjukkan hasil. Hal ini jelas menunjukkan bahwa
beberapa tokoh ultra kanan Jepang sedang dalam
persiapan untuh menguasai Asia lagi. Sekali ini memang
dapat angin karena Amerika mendukungnya. Bayangkan
betapa berbahayanya kalau dua raksasa dunia Amerika
dan Jepang bahu membahu mencoba menguasai dunia dengan
tindakan pertama menguasai Tiongkok dan Korea!
Menentang penghormatan Koizumi kepada penjahat perang
akan menyebabkan sebagian orang Jepang sadar akan
bahaya ini, dan mereka akan bangkit menentang arus
balas dendam ini.
Mengapa Jerman tidak demikian? Bukankah Jerman sekutu
Jepang pada perang dunia kedua? Basis fasis Jerman
habis waktu perang dunia II, pemerintah baru berjanji
tak akan mengulangi hal itu lagi, dengan tulus
melarang semua yang berbau aliran fasisme.
Jepang sebaliknya, panglima tertinggi angkatan perang
Jepang pada perang dunia II adalah kaisar. Setelah
perang kaisar tak diapa-apakan. Hanya berapa belas
penjahat perang kelas kakap yang dihukum mati, sisanya
dihukum sebentar dan semua dibebaskan, bahkan banyak
yang diangkat menjadi menteri. Mereka berkuasa kembali
meskipun tidak berani terang-terangan ingin
mengembalikan militerisme Jepang, tapi mereka bekerja
terus. Mereka sudah tua dan banyak sudah tak ada lagi,
tapi pengikutnya makin banyak dan kebetulan sekarang
memegang tampuk pemerintahan. Ini yang berbahaya.
Mudah-mudahan sesuatu yang mengerikan tidak terjadi
lagi.
Salam

--- Pierre Huang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Minggu, 23 Oktober 2005
> Yasukuni, Kerikil Tajam dalam Diplomasi Jepang
> Budi Suwarna
>
> Untuk kelima kalinya, Perdana Menteri Junichiro
> Koizumi berkunjung ke
> Kuil Yasukuni, Senin (17/10). Seperti yang
> sudah-sudah, kunjungan itu
> menuai kemarahan di China dan Korea Selatan.
> Hubungan diplomatik
> Jepang dengan kedua negara itu pun berada di ujung
> tanduk.
>
> Kuil Yasukuni yang berarti "negeri yang damai" itu
> memang menyimpan
> [...]
=== message truncated ===

Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
http://farechase.yahoo.com

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM